Ukraina Serang Balik Pasukan Rusia di Sejumlah Wilayah

Rabu, 23/03/2022 20:32 WIB

Kyiv, Jurnas.com - Pasukan Ukraina menyerang balik pasukan Rusia di beberapa wilayah, menyusul laporan bahwa mereka telah menguasai wilayah di dekat ibu kota, Kyiv.

Pemerintah setempat di kota Makariv, sebelah barat Kyiv, mengatakan bendera Ukraina berkibar di sana sekali lagi. Seorang juru bicara pertahanan AS mengatakan Ukraina juga membalikkan momentum di beberapa bagian selatan.

Dikutip dari BBC pada Rabu (23/3), di kota kecil Voznesensk di selatan, pasukan Rusia didorong mundur dan konvoi lapis baja dihancurkan.

Dan di Kherson, dekat semenanjung Krimea dan kota pertama yang jatuh ke tangan Rusia, pasukan Ukraina juga berusaha merebut kembali wilayah.

Seorang analis pertahanan Inggris mengatakan bahwa serangan balik dapat memaksa Moskow untuk mengubah taktiknya. Namun, penilaian terbaru dari Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, pasukan Rusia di Ukraina bergerak dari utara dan selatan untuk "menyelimuti pasukan Ukraina di timur negara itu".

"Pasukan Rusia kemungkinan akan melakukan reorganisasi sebelum melanjutkan operasi ofensif skala besar," tulis catatan itu.

Pasukan Rusia juga terus membombardir kota pelabuhan selatan Mariupol, meskipun daerah pelabuhan itu sendiri dikatakan mengalami kerusakan yang relatif kecil.

Justin Bronk, dari think tank pertahanan dan keamanan Inggris Royal United Services Institute (Rusi), mengatakan penolakan Ukraina datang ketika Rusia berusaha untuk mengimbangi kurangnya kemajuan mereka sejauh ini.

"Rusia jelas-jelas gagal menguasai seluruh Ukraina di berbagai posisi maju," ujar dia.

"Jadi sekarang mereka mencoba untuk menarik kembali sumber daya mereka dan mengkonsolidasikannya dan memusatkan mereka pada satu dorongan pada satu waktu, khususnya di sekitar Mariupol dan selatan," sambung dia.

Dia mengatakan bahwa jika Rusia mengambil Mariupol, yang telah dikepung selama berminggu-minggu dan kekurangan pasokan, maka mereka mungkin akan mendistribusikan kembali pasukan dan amunisi, pertama ke wilayah Donbas timur Ukraina dan kemudian mungkin ke kota timur laut Kharkiv.

Tetapi ketika Ukraina mendorong pasukan Rusia kembali di sekitar Irpin, sekitar 20 km (12 mil) dari Kyiv, dan pinggiran kota lainnya bersama Makariv, hal itu dapat menghambat rencana Moskow untuk merebut ibu kota.

"Pada dasarnya, apa yang (pasukan Ukraina) coba lakukan adalah memotong seluruh sisi dari upaya pengepungan Kyiv, yang akan memaksa Rusia untuk mencoba menerobos ke utara dan meninggalkan posisi itu, atau bagi Rusia untuk mengubah rute kekuatan tempur yang signifikan ke mencoba menerobos dan melepaskan kekuatan mereka sendiri di sana," terang dia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2