PBB Peringatkan Konflik Rusia-Ukraina bisa Memicu Perang Nuklir

Selasa, 15/03/2022 06:59 WIB

New York, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB), Antonio Guterres memperingatkan kemungkinan krisis Ukraina dan Rusia dapat meningkat menjadi perang nuklir.

"Prospek konflik nuklir, yang dulu tidak terpikirkan, sekarang kembali dalam kemungkinan," kata Guterres kepada wartawan, dan mengulangi seruannya untuk segera menghentikan permusuhan, dikutip dari Reuters, Selasa (15/3).

Invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari sejauh ini telah mengirim lebih dari 2,8 juta orang melarikan diri melintasi perbatasan Ukraina dan menjebak ratusan ribu orang di kota-kota yang terkepung sambil memicu sanksi Barat yang luas terhadap Rusia.

Akhir bulan lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan, kekuatan nuklir negaranya harus disiagakan. Hal ini meningkatkan kekhawatiran, invasi Rusia ke Ukraina dapat menyebabkan perang nuklir.

Para pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan sejauh ini mereka tidak melihat alasan untuk mengubah tingkat siaga nuklir Washington.

Rusia dan AS sejauh ini memiliki persenjataan hulu ledak nuklir terbesar setelah Perang Dingin yang membagi dunia selama sebagian besar abad ke-20, mengadu Barat melawan Uni Soviet dan sekutunya.

Guterres juga menyerukan pelestarian keamanan dan keselamatan fasilitas nuklir setelah kebakaran di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina, yang terbesar di Eropa dari jenisnya, yang terjadi selama pengambilalihan pembangkit oleh pasukan Rusia.

"Sudah waktunya untuk menghentikan kengerian yang terjadi pada rakyat Ukraina dan mengambil jalur diplomasi dan perdamaian," kata Guterres.

Ia juga mengatakan, PBB akan mengalokasikan lebih lanjut US$ 40 juta dari dana Tanggap Darurat Pusat untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk Ukraina.

"Pendanaan ini akan membantu mendapatkan pasokan penting makanan, air, obat-obatan dan bantuan penyelamatan lainnya ke negara serta memberikan bantuan tunai," kata Guterres.

Ketua Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Zbigniew Rau mengatakan pada pertemuan Dewan Keamanan PBB bahwa agresi Rusia mengancam keberadaan OSCE, yang memiliki hampir 60 anggota, termasuk Rusia.

"Ketidakpatuhannya terhadap prinsip dan komitmen OSCE menimbulkan pertanyaan tidak hanya tentang masa depan organisasi tetapi juga tentang stabilitas tatanan berbasis aturan,”"kata Rau, mendesak baik PBB dan OSCE untuk memperkuat upaya memulihkan perdamaian.

"Abu yang membara dari Kiev, Kharkiv dan Mariupol dan ribuan nyawa tak berdosa yang hilang adalah pengingat yang jelas dari harga mahal yang kita bayar untuk ketidakpedulian dalam menghadapi kekerasan," sambungnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2