Sri Mulyani Berharap, Seremoni Pencairan PMN untuk BUMN Jadi Tradisi

Jum'at, 11/03/2022 21:41 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Seremoni penandatanganan kontrak kinerja atas penyaluran Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN diharapkan jadi tradisi untuk disampaikan ke publik sebagai janji kinerja penerimanya agar menumbuhkan budaya korporasi dan tata kelola keuangan yang baik.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, saat penandatanganan kontrak kinerja penyaluran PNM untuk PT Kawasan Industri Wijayakusuma dan PT Sarana Multigriya Finance di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jumat.

"Seremoni ini merupakan ikatan kontrak kinerja yang logis, sebagai pengumuman ke publik untuk mencapai berbagai target kinerja, sesuai dengan sumber saya yang dicairkan," ujar menkeu Sri Mulyani, dilansir dari laman Kemenkeu, Jum`at (11/03/2022).

Ia menginginkan BUMN penerima PMN membangun budaya tata kelola yang baik dalam mengelola keuangan negara dan pertanggungjawaban publik. "Ada indikator keluaran yang jelas dan bisa dirasakan masyarakat," katanya.

Menteri Keuangan Perempuan pertama ini menegaskan Indonesia akan semakin kuat jika level korporasi dikelola secara kompeten dan profesional. "Indonesia kita bangun dari tiap rupiah yang dikumpulkan dan dikembalikan untuk memberi nilai tambah," katanya

Sri Mulyani menambahkan memperoleh PMN bukan merupakan hak, tetapi kesempatan yang diberikan negara untuk pemihakan kepada BUMN karena telah berperan untuk pembangunan Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, PT Kawasan Industri Wijayakusuma memperoleh PMN sebesar Rp977 miliar yang ditujukan untuk pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang.

Sementara PT Sarana Multigriya Finance memperoleh PMN sebesar Rp2,25 triliun untuk penyediaan dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan kepada Masyarakat berpenghasilan rendah. Pada tahun ini, PT Sarana Multigriya Finance ditugasi untuk membangun 157 ribu rumah melalui FLPP.

TERKINI
Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin