Papua Nugini Gempa 7,9 SR, Potensi Tsunami Bahaya

Sabtu, 17/12/2016 19:58 WIB

Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 7,9 skala Richter (SR) mengguncang pesisir pantai Papua Nugini. Dari keterangan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC), gempa itu berpotensi menyebabkan tsunami yang berbahaya di sejumlah pantai di Pasifik Selatan.

PTWC menyatakan, peringatan gelombang tsunami mungkin akan menerjang dalam waktu tiga jam ke depan. "Gelombang tsunami yang berbahaya kemungkinan akan terjadi," terang PTWC, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (17/12).

Gempa terjadi di 157 kilometer sebelah timur Rabaul, Papua Nugini. Pusat gempa dilaporkan berada di kedalaman 73 kilometer dari permukaan laut. Sebelumnya USGS menyebut pusat gempa ada di kedalaman 103,2 kilometer dari permukaan laut.

Gelombang tsunami diperkirakan tak hanya akan menyerang Papua Nugini, tapi bisa juga menghantam sejumlah negara tetangga, seperti Kepulauan Solomon, Indonesia, hingga Vanuatu.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih