Dukung Cak Imin Capres 2024, Baristan Sulsel: Pasangan dengan Syahrul Yasin Limpo

Senin, 07/02/2022 10:37 WIB

Gowa, Jurnas,com - Para petani dan nelayan di Gowa, Sulawesi Selatan membentuk organ bernama Barisan Tani Nelayan (Baristan) Muhaimin Iskandar sebagai gerakan bersama untuk mendukung dan menyukseskan Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Juru Bicara Baristan Muhaimin Iskandar, Daeng Mangka, mengatakan deklarasi ini akan mempersolid gerakan agar Abdul Muhaimin Iskandar atau beken disapa Cak Imin sebagai Capres 2024 di wilayah selatan Sulsel yang meliputi kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Selayar.

Deklarasi Baristan Muhaimin Iskandar dari sendiri dikoordinasikan oleh Aswar Mappinawang pada Minggu (6/2/2022) dan secara simbolis diwakili oleh 15 tokoh tani dan nelayan di Sulsel.

Ada dua poin Deklarasi plus tiga harapan yang disampaikan pada kesempatan itu.

Pertama, Tambah Subsidi Harga Pupuk.

Seiring dengan pergantian rezim ke rezim persoalan pertanian tidak kunjung selesai terutama persoalan harga, ketersediaan serta distribusi pupuk yang masih saja menjadi persoalan petani.

Disini kami melihat adanya perhatian Khusus dari Bapak Muhaimin Iskandar (Cak Imin) selaku ketua umum PKB sekaligus wakil Ketua DPR RI dimana telah mendesak pemerintah untuk sesegera mungkin subsisdi pupuk bagi petani dinaikkan menjadi dua kali lipat, agar harga pupuk menjadi murah dan terjangkau bagi petani.

Sebab dari sekian banyak tokoh nasional yang ingin menjadi capres, belum menyentuh bahkan menyinggung persoalan ini.

"Selain itu Cak Imin telah mendorong agar Indonesia tidak sekedar mewacanakan ketahanan pangan tetapi menjadikan Indonesia berdaulat Pangan sehingga Indonesia tidak lagi mengekspor beras yang pada tujuan akhirnya untuk kesejahteraan petani," demikian dibacakan oleh Aswar Mappinawang.

Kedua, Distribusi Kepemilikan Lahan Masyarakat Desa.

Distribusi kepemilikan lahan bagi masyarakat petani yang mayoritas di Desa belum tersentuh, Cak Imin melalui PKB telah mendorong dan meminta kepada pemerintah agar masyarakat Petani miskin yang ada di Desa betul-betul menjadi objek dari program distribusi kepemilikan lahan tersebut.

Adapun Tiga Butir Harapan Baristan Sukses adalah:

Pertama, meminta kepada seluruh petani terkhusus Petani dan Nelayan di Sulsel untuk bergabung menyukseskan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam Barisan Tani Nelayan (Baristan) Muhaimin Iskandar dan agenda ke depan akan melaksanakan Deklarasi di setiap wilayah selatan Sulsel.

Kedua, mengharapkan jika kedepannya Cak Imin maju menjadi capres untuk memilih calon wakil presiden dari tokoh kawasan Indonesia Timur dan figur yang paling tepat adalah menteri Pertanian, Bapak Syahrul Yasin Limpo karena kinerjanya mulai menjawab keluhan dan kebutuhan petani.

Ketiga, mengharap ke depan agar jika terpilih menjadi Presiden, Cak Imin betul-betul berpihak kepada petani dan nelayan baik itu tentang perhatian terhadap kepemilikan lahan, alat produksi dan memberantas mafia pangan.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu