Barat Memanas, Xi Jinping Bertemu Putin

Jum'at, 04/02/2022 15:50 WIB

BEIJING, Jurnas.com - Presiden China, Xi Jinping bersiap untuk terlibat dalam pertemuan tatap muka pertamanya dengan pemimpin dunia dalam hampir dua tahun pada Jumat (4/2). Ia diagendakan akan menjamu Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Xi belum meninggalkan China sejak Januari 2020, ketika negara itu bergulat dengan wabah COVID-19 awal dan mengunci pusat kota Wuhan tempat virus itu pertama kali terdeteksi.

Ia sekarang bersiap untuk bertemu lebih dari 20 pemimpin saat Beijing memulai Olimpiade Musim Dingin yang diharapkan akan menjadi kemenangan kekuatan lunak dan mengalihkan fokus dari peningkatan yang dirusak oleh boikot diplomatik dan ketakutan COVID-19.

Penyiar CCTV melaporkan, jet Putin mendarat di ibu kota China pada Jumat sore.

Ia akan bertemu dengan Xi sebelum negara mereka mengeluarkan pernyataan bersama yang mencerminkan "pandangan bersama" mereka tentang keamanan dan masalah lainnya, kata seorang penasihat penting Kremlin pada konferensi pers hari Rabu.

Kedua orang kuat itu kemudian akan menghadiri upacara pembukaan Olimpiade di malam hari.

Ketegangan yang meningkat dengan Barat telah memperkuat hubungan antara negara terbesar di dunia dan terpadat, dan Putin adalah pemimpin asing pertama yang mengkonfirmasi kehadirannya di Olimpiade.

"Saya sudah lama mengenal Presiden Xi Jinping," kata Putin seperti dikutip CCTV dalam sebuah laporan pada hari Jumat.

"Sebagai teman baik dan politisi yang memiliki banyak pandangan yang sama dalam memecahkan masalah dunia, kami selalu menjaga komunikasi yang erat," sambungnya.

Kantor berita pemerintah China Xinhua juga memuat artikel dari Putin pada hari Kamis di mana pemimpin Rusia itu melukis potret dua tetangga dengan tujuan global yang semakin sama.

"Koordinasi kebijakan luar negeri antara Rusia dan China didasarkan pada pendekatan yang erat dan bersamaan untuk memecahkan masalah global dan regional," tulis Putin.

Dia juga mengecam boikot diplomatik Barat yang dipimpin Amerika Serikat terhadap Olimpiade Beijing yang dipicu oleh catatan hak asasi manusia China.

"Sayangnya, upaya sejumlah negara untuk mempolitisasi olahraga untuk kepentingan egois mereka baru-baru ini meningkat," tulis Putin, menyebut langkah seperti itu "secara fundamental salah".

Sementara itu, China menjadi lebih vokal dalam mendukung Rusia dalam perselisihannya dengan kekuatan Organisasi Pakta Atlantik Utara (NATO) atas Ukraina.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi menyebut masalah keamanan Rusia sah. Ia mengatakan, masalah keamanan Moskow harus dianggap serius dan ditangani.

Moskow mencari dukungan setelah pengerahan 100.000 tentaranya di dekat perbatasannya dengan Ukraina mendorong negara-negara Barat untuk memperingatkan invasi dan mengancam konsekuensi berat dalam menanggapi setiap serangan Rusia.

China menikmati banyak dukungan dari Uni Soviet, pendahulu negara Rusia modern setelah pembentukan pemerintahan komunis pada tahun 1949, tetapi kedua kekuatan sosialis itu kemudian berselisih karena perbedaan ideologis.

Hubungan kembali ke jalurnya saat Perang Dingin berakhir pada 1990-an, dan pasangan ini telah mengejar kemitraan strategis dalam beberapa tahun terakhir yang telah membuat mereka bekerja erat dalam masalah perdagangan, militer, dan geopolitik.

Ikatan tersebut semakin menguat selama era Xi Jinping, saat Rusia dan China semakin berselisih dengan kekuatan Barat.

Pemimpin lain yang akan menikmati keramahan Xi selama Olimpiade termasuk Abdel Fattah al-Sisi dari Mesir, Mohammed bin Salman dari Arab Saudi, Kassym-Jomart Tokayev dari Kazakhstan dan Andrzej Duda dari Polandia.

Secara total, sekitar 21 pemimpin dunia diperkirakan akan menghadiri Olimpiade.

Mayoritas dari para pemimpin itu memerintah atas rezim non-demokratis, menurut Indeks Demokrasi Economist Intelligence Unit, dengan 12 dicap sebagai otoriter atau rezim hibrida.

Sumber: AFP

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2