Aung San Suu Kyi Dikenai Tuduhan Suap Baru oleh Junta Militer Myanmar

Jum'at, 04/02/2022 08:24 WIB

JAKARTA, Jurnas.com - Pemerintah militer Myanmar mengumumkan tuduhan suap baru terhadap pemimpin sipil terguling Aung San Suu Kyi pada Kamis (3/2), sebut lembaga penyiaran negara itu.

Peraih Nobel Aung San Suu Kyi, diadili dalam hampir puluhan kasus yang digabung dengan hukuman maksimum setidaknya 150 tahun penjara. Ia telah divonis enam tahun penjara untuk kasus lain.

Seorang juru bicara militer Myanmar, yang menggulingkan pemerintah Aung San Suu Kyi dalam kudeta Februari lalu, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Pengacara Aung San Suu Kyi, yang dilarang berbicara tentang kasusnya, juga tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Pada 6 Desember tahun lalu, Aung San Suu Kyi dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena hasutan terhadap militer dan dua tahun lagi karena melanggar undang-undang bencana alam yang berkaitan dengan COVID-19.

Menurut sebuah pernyataan yang dibacakan di TV pemerintah, Kepala Junta Min Aung Hlaing kemudian mengampuni hukuman menjadi dua tahun penjara perempuan berusia 76 tahun itu.

Pada 10 Januari, ia dinyatakan bersalah atas dua tuduhan terkait dengan mengimpor dan memiliki walkie-talkie secara ilegal dan salah satu melanggar aturan COVID-19.

Tuduhan walkie-talkie berasal dari ketika tentara menggerebek rumahnya pada hari kudeta, diduga menemukan peralatan selundupan. Dia dijatuhi hukuman empat tahun penjara atas tuduhan ini.

Aung San Suu Kyi menghadapi berbagai tuduhan korupsi - yang masing-masing dapat dihukum 15 tahun penjara - dan melanggar undang-undang rahasia resmi.

Sejak kudeta, banyak sekutu politiknya telah ditangkap, dengan salah satu anggota partai Liga Nasional untuk Demokrasi yang digulingkannya dijatuhi hukuman mati karena pelanggaran teror. Seorang menteri utama dijatuhi hukuman 75 tahun penjara, sementara yang lain bersembunyi.

Sumber: Reuters

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih