Korut Siap Lanjutkan Uji Coba Rudal Antarbenua

Kamis, 20/01/2022 14:25 WIB

Pyongyang, Jurnas.com - Sebuah pertemuan politbiro kuat dari partai yang berkuasa di Korea Utara (Korut), yang dipimpin oleh pemimpin Kim Jong Un, sepakat mempertimbangkan untuk melanjutkan uji coba nuklir dan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Dikutip dari Aljazeera pada Kamis (20/1), uji coba tersebut dihentikan sementara, di tengah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan militer negara itu, melawan Amerika Serikat (AS).

Surat kabar Korut, Rodong Sinmun mengutip anggota politbiro yang mengatakan bahwa mereka sedang mencari untuk "memeriksa masalah untuk melanjutkan semua tindakan, yang telah ditangguhkan sementara", dalam referensi yang jelas untuk moratorium yang diberlakukan sendiri pada pengujian senjata nuklir dan ICBM yang dimulai pada 2017.

Dalam beberapa bulan terakhir, Pyongyang telah meningkatkan retorikanya terhadap pemerintahan Presiden AS Joe Biden sambil juga melakukan serangkaian uji coba rudal balistik, termasuk apa yang digambarkan sebagai rudal hipersonik baru.

Pertemuan Rabu kemarin berlangsung menyusul setidaknya empat uji coba rudal bulan ini yang telah memicu sanksi baru dari AS.

NK News, yang berspesialisasi dalam meliput Korea Utara, mencatat pada Kamis ini bahwa meskipun ada tes baru-baru ini, tidak ada yang melibatkan ICBM.

Tetapi dikatakan bahwa Korea Utara menampilkan ICBM barunya, yang disebut Hwasong-17, selama parade militer pada Oktober 2020.

Terakhir kali Korea Utara menguji bom nuklir adalah pada September 2017 , dan uji ICBM terakhirnya adalah dua bulan setelah itu.

Tes-tes itu, selama pemerintahan Presiden AS Donald Trump, mengarah pada pertemuan puncak yang belum pernah terjadi sebelumnya antara seorang pemimpin Korea Utara dan seorang presiden AS.

Kim Jong Un bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura pada 2018 dan di Hanoi pada tahun berikutnya, tetapi pembicaraan gagal karena tuntutan Kim untuk pencabutan sanksi. Pembicaraan tentang denuklirisasi tetap terhenti.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2