Fraksi PKS: Pemerintah Harus Tindak Tegas Mafia Karantina Hotel!

Selasa, 14/12/2021 07:59 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Ansory Siregar mencurigai adanya mafia hotel yang bermain dari kebijakan kewajiban karantina 10 hari untuk kedatangan warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri.

Bukan tanpa alasan, menurut dia, ada warga yang melaporkan hotel yang biaya karantinanya berlipat-lipat dari harga menginap bisa.

"Aktivifas hotel- hotel ini jelas merugikan rakyat. Harga yang mereka terapkan untuk karantina ini sangat mahal dan tidak masuk akal, bisa mencapai 3 kali lipat. Kami mencurigai ini ada permainan,” ujar Ansory Siregar kepada wartawan, Selasa (14/3).

Sebagai contoh, harga paket karantina 10 malam di hotel sekitar Mangga Dua mencapai Rp 11 juta per orang. Karena itu, total biaya karantina sepasang orang tua dengan seorang anak di satu kamar hotel mencapai Rp 24 juta.

Sementara apabila mereka pulang dari Singapura dengan biaya tiket pulang pergi sebesar Rp 10 juta, maka biaya yang mereka keluarkan bisa mencapai Rp 34 juta.

"Ini belum termasuk PCR ya. Biayanya kalau sama PCR bisa Rp 36-37 juta per keluarga. Jika ini terus dibiarkan, wisatawan akan sulit berkunjung ke negara ini dan pada akhirnya merugikan pemerintah sendiri,” tegas Ansory.

Oleh karena itu, Pemerintah harus segera melakukan penindakan terhadap mafia hotel yang melakukan permainan harga. Caranya adalah dengan menyisir hotel-hotel dan mengecek biaya-biaya yang dikeluarkan.

Ansory juga mengusulkan agar Pemerintah segera menetapkan harga maksimal karantina di hotel.

"Pemerintah bisa terapkan harga tertinggi karantina di hotel untuk mencegah permainan-permainan pemilik hotel untuk mengeruk keuntungan besar dari kebijakan karantina ini," demikian Ansory.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios