Prancis Sarankan Warga Tak Gunakan Vaksin Moderna

Rabu, 10/11/2021 07:10 WIB

PARIS, Jurnas. com - Otoritas kesehatan masyarakat Prancis merekomendasikan agar orang di bawah 30 tahun diberikan vaksin Comirnaty COVID-19 Pfizer bila tersedia daripada suntikan Spikevax Moderna, yang membawa risiko masalah terkait jantung yang relatif lebih tinggi.

Haute Autorite de Sante (HAS), yang tidak memiliki kekuatan hukum untuk melarang atau melisensikan obat-obatan tetapi bertindak sebagai penasihat untuk sektor kesehatan Prancis. Hal ini mengutip risiko sangat jarang terkait dengan miokarditis, penyakit jantung, yang muncul di data terbaru tentang vaksin Moderna dan dalam penelitian Prancis yang diterbitkan pada Senin (8/11).

"Dalam populasi berusia di bawah 30 tahun, risiko ini tampaknya sekitar lima kali lebih rendah dengan jab Comirnaty Pfizer dibandingkan dengan jab Spikevax Moderna," kata HAS dalam opininya yang diterbitkan pada hari Senin.

Keputusan di Paris muncul setelah regulator di beberapa negara lain, termasuk Kanada, Finlandia dan Swedia, juga mengambil sikap yang lebih defensif terhadap Spikevax atas masalah keamanan terkait jantung yang mempengaruhi orang-orang muda.

Regulator obat Uni Eropa EMA bulan lalu menyetujui vaksin booster Moderna untuk semua kelompok usia di atas 18 tahun, setidaknya enam bulan setelah dosis kedua.

EMA awal tahun ini mengatakan bahwa mereka telah menemukan kemungkinan hubungan antara kondisi jantung inflamasi yang sangat langka dan vaksin COVID-19 dari vaksin Pfizer dan Moderna.

Namun, menurut EMA, manfaat dari kedua suntikan mRNA dalam mencegah COVID-19 terus lebih besar daripada risikonya, kata regulator, menggemakan pandangan serupa yang diungkapkan oleh regulator Amerika Serikat (AS) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

HAS Prancis mengatakan bahwa rekomendasinya, yang akan berlaku terlepas dari penggunaan vaksin sebagai dosis "penguat" pertama, kedua atau ketiga, akan berlaku sampai lebih banyak temuan ilmiah tentang masalah tersebut diketahui.

Namun, untuk orang yang berusia di atas 30 tahun, pihak berwenang secara eksplisit merekomendasikan penggunaan vaksin Moderna, dengan mengatakan efektivitasnya sedikit lebih unggul.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024