Presiden Jokowi Jajan Jagung di Pinggir Jalan Bareng Puan dan Syahrul

Senin, 04/10/2021 12:38 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak mampir membeli dan mencicipi langsung jagung rebus di pinggir jalan. Hal tersebut terjadi usai  meninjau lokasi penanaman jagung di Kabupaten Sorong, (4/10)

Tak hanya Jokowi, tampak pula Ketua DPR, Puan Maharani juga ikut membeli jagung rebus bersama Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo.

 Dikutip dari laman presidenri.go.id, Jokowi hari ini melakukan penanaman benih jagung dengan para petani di Kelurahan Klamesen, Kecamatan Mariat, Kabupaten Sorong.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyebutkan, wilayah Indonesia Timur memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Namun, lahan pertanian tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.

"Di sini terdapat 11.000 hektare tanaman jagung di seluruh provinsi, serta 7 juta hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura, sehingga ini lahan yang sangat luas. Tetapi memang termanfaatkan maksimal hanya 33 persen," ujarnya.

Karena itu, Jokowimeminta Kementerian Pertanian (Kementan) dan pemerintah provinsi setempat untuk dapat memaksimalkan potensi lahan pertanian dan meningkatkan kapasitas produksinya.

"Untuk meningkatkan kapasitas produksi, mengubah sistem tanam dari satu kali setahun menjadi dua kali setahun atau tiga kali setahun agar kebutuhan pangan di Tanah Papua bisa disiapkan oleh Pulau Papua sendiri," ujar Jokowi.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore