Surat Edaran Baru, Kemenkes Jelaskan Vaksinasi Covid-19 ke Penyintas

Kamis, 30/09/2021 11:21 WIB

Jakarta, Jurnas.com- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran terbaru nomor HK.02.01/I/2529/2021 tentang mekanisme pemberian vaksin Covid-19 bagi para penyintas.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan surat edaran tersebut mengatur tentang gap atau jarak waktu pemberian dan juga jenis vaksin yang diberikan.

Di dalamnya, diatur ketentuan penyintas Covid-19 yang dibagi berdasarkan level keparahan penyakit. Pertama, penyintas dengan derajat keparahan ringan hingga sedang maka vaksinasi diberikan dengan jarak minimal 1 bulan setelah dinyatakan sembuh.

"Penyintas Covid-19 dengan derajat keparahan penyakit ringan hingga sedang, vaksinasi diberikan dengan cara waktu minimal satu bulan setelah dinyatakan sembuh," ungkap Nadia dalam konferensi pers update PPKM secara virtual, Rabu (29/9/2021).

Sedangkan bagi penyintas dengan tingkat keparahan berat, suntikan vaksin Covid-19 diberikan dengan jarak waktu yang lebih lama, yakni minimal 3 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, untuk jenis vaksin Covid-19 yang diberikan kepada para penyintas. Kementerian Kesehatan RI mengatur, jenis vaksinnya disesuaikan dengan logistisk vaksin yang tersedia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2