Sasar 100 Kursi DPR, PKB Gerilya Caleg Potensial 2024

Rabu, 29/09/2021 19:30 WIB

Palu, Jurnas.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus mematangkan persiapan menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 mendatang. Untuk mencapai target perolehan kursi DPR RI sebanyak 100 kursi, PKB terus melakukan gerilya calon legislatif (caleg) dan penguatan struktur kepengurusan hingga ke tingkat bawah.

Upaya pencarian caleg yang memiliki kompetensi, integritas, dan potensi kemenangan dilakukan di seluruh wilayah, termasuk di daerah pemilihan (dapil) yang selama ini PKB belum memiliki wakil di DPR RI. Salah satunya di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

PKB Sulteng belum pernah mengirikmkan kursi DPR RI. Kita semua harus bekerja keras agar pada tahun 2024 nanti, Pileg dan Pilpres, PKB Sulteng mampu mengirim minimal satu kursi DPR dan 8 kursi DPRD Provinsi, serta kabupaten/kota yang masih kosong,” ujar Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid.

Itu dikatakannya saat memberikan pengarahan pada acara Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil), Pengukuhan DPC se-Sulteng, Coaching Clinic, serta Pencalegan Dini di Kota Palu, Rabu (29/9/2021).

Dikatakan Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid–PKB ingin pada Pemilu 2024 nanti bisa menang secara terencana.

”Kita ingin belajar untuk menang secara terencana. Kadang-kadang kita nggak tahu, menang juga gak terencana, kalah juga tidak terencana. Oleh sebab itu, kami sudah izin Ketua Umum (Gus Muhaimin Iskandar) untuk melakukan pencalegan dini,” tuturnya.

Langkah pencalegan dini yang dimaksud adalah upaya lebih awal untuk melakukan penjaringan para calon anggota legislatif, mulai di DPRD tingkat II, tingkat I, hingga caleg DPR RI.

”Kami cari caleg yang memiliki kompetensi, integritas, dan potensi untuk menang di tiap-tiap dapil. PKB harus bergerak lebih cepat untuk bersama-sama agar menang secara terencana dan sistematis. Ini dimulai dengan mencari calon-calon yang potensi untuk menang,” urainya.

Forum Muskerwil, kata Gus Jazil yang juga Wakil Ketua MPR RI, harus dijadikan momentum untuk bahu-membahu mencari calon terbaik, termasuk di Sulteng. ”Saya dengar sudah ada 4 sampai 5 yang daftar. Bahkan, nanti ada caleg DPR RI dari Kabupaten Tolitoli,” katanya.

Menurutnya, Muskerwil harus dijadikan sebagai upaya kerja politis agar mampu mengusung dan menempatkan kader-kader terbaik partai di jabatan-jabatan politik baik di eksekusitf maupun legislatif.

”Oleh sebab itu, kita fokuskan kerja pemenangan agar di antara kita bisa menempatkan kader-kader kita di lembaga-lembaga politik yang penting. Partai politik harus melakukan itu, dan ukurannya yaitu kemenangan di politik. Bisa mengisi kursi bupati atau lainnya,” urainya.

Dikatakan Gus Jazil, pencalegan dini merupakan serangkaian proses untuk membukan dan mengumumkan bahwa sudah dibuka pendaftaran caleg PKB. Nantinya, caleg yang mendaftar akan diberikan surat tugas pemenangan, dan juga diberikan pembekalan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk bisa memenangkan pertarungan, termasuk denagn mengetahui data-data atau peta kerja pemetaan dapil.

Sulteng ini termasuk dapil potensial untuk dapat kursi DPR RI berdasarkan peta perhitungan kami. Itu kami punya datanya,” katanya.

Setelah dilakukan pemetaan, caleg yang sudah mendaftar akan diseleksi apakah cocok dengan dapil tersebut atau tidak. Mereka akan menjalani talent scooting dan fit and proper test.

”Para caleg akan kita bekali kompetensi, integritas, dan strategi pemenangan. Kita dampingi, kita advokasi, terutama bagi dapil-dapil yang potensial seperti Sulteng. Saya tahu kemarin Dapil Sulten lepas hanya karena salah pengawalan saja karena kita kadang kurang saksi,” tuturnya.

Pencalegan dini ini menjading tokoh dari berbagai latar belakang yang memiliki potensi kemenagan sehingga nantinya target 100 kursi DPR RI bisa tercapai.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2