Pemilu 2024 Diusulkan 15 Mei, Gerindra: Yang Penting Tahunnya Enggak Berubah

Selasa, 28/09/2021 20:12 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Habiburokhman angkat bicara soal usulan pemerintah Pemilihan Umum 2024 digelar pada 15 Mei.

Menurutnya, Gerindra pada dasarnya tak terlalu mempersoalkan tanggal pelaksanaan Pemilu mendatang, asalkan tahun digelarnya pemilu tidak berubah.

“Itu ke Komisi II ya yang penting tahunnya kan tetap,” kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/9).

Anggota Komisi III DPR RI ini tak mau berbicara terlalu jauh soal Pemilu 2024. Sebab, itu di luar tupoksinya di DPR RI.

“Yang penting tahunnya kan tetap, jadi kalau soal time schedule saya kurang ngeh, yang penting tahunnya enggak berubah,” jelas Habiburokhman.

Terlepas dari itu, dia menilai usulan kampanye selama tiga bulan terlalu singkat. “Sebelum efektif masa kampanye memang kita sudah pada kampanye duluan gitu,” terangnya.

“jadi enggak ada masalah lah. Yang penting tahunnya enggak berubah ya,” demikian Habiburokhman.

Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya menilai usulan tanggal Pemilu Serentak 2024 yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Februari 2024 tidak efektif. Sebab, di tanggal tersebut banyak proses yang terlalu panjang, baik ke belakang maupun ke depan.

Oleh karena itu, Mahfud menilai waktu yang tepat untuk menggelar pemungutan suara Pemilu 2024 adalah 15 Mei. Menurutnya, tanggal itu amat rasional untuk diajukan ke KPU dan DPR.

 

TERKINI
KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini