Pekan Taaruf 3.779 Mahasiswa Uhamka, Rektor: Tanamkan Integritas dan Kepedulian

Sabtu, 25/09/2021 14:12 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan kuliah perdana bagi 3.779 mahasiswa baru, pada Sabtu (25/9) kemarin, dengan menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menjelaskan sebelumnya kampus menyelenggarakan Pekan Taaruf yang bertujuan mengenalkan kehidupan kampus.

Pihaknya yakin dengan sejumlah kegiatan tersebut, mahasiswa dapat mengenal budaya akademik yang dilalui. Pelaksanaan Pekan Taaruf tersebut bertujuan untuk mendidik mahasiswa memiliki integritas dan peduli dengan sesama.

"Saya harap kegiatan yang diselenggarakan dapat menghantarkan kalian menjadi mahasiswa yang berprestasi dan membanggakan orang tua, kampus dan bangsa," kata Gunawan.

Dalam sambutannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendorong agar mahasiswa untuk terus gelisah dalam mencari jawaban dalam setiap permasalahan yang ada.

"Buat diri anda gelisah, gelisah itu baik, karena gelisah itu membuat anda mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada," ujar Anies.

Dia menambahkan, pertanyaan-pertanyaan yang ada memaksa generasi muda untuk memikirkan apa yang terjadi pada masa yang akan datang. Menurut dia, Indonesia membutuhkan generasi muda yang banyak bertanya tentang masa depan.

Anies mengingatkan mahasiswa untuk dapat menjadi lulusan yang tangguh. Mahasiswa juga diharapakan dapat memiliki kompetensi baik kompetensi berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kemampuan untuk berkolaborasi.

Selain kompetensi adalah karakter, yang mana mahasiswa harus memiliki karakter moral dan juga karakter kinerja yang baik pula. Berikutnya, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan literasi dan memiliki daya baca yang tinggi.

"Aktiflah, jadilah mahasiswa yang sibuk, mahasiswa yang kekurangan waktu. Jangan jadi mahasiswa yang banyak waktu luang. Jadilah mahasiswa yang aktif di dalam dan di luar kelas," imbuh dia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2