Pergantian Ketua DPR Bakal Berdampak Buruk

Rabu, 23/11/2016 13:59 WIB

Jakarta - Rencana pergantian Ketua DPR dari Ade Komaruddin (Akom) kepada Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) dinilai akan berdampak buruk bagi lembaga parlemen.

Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Syarifuddin Sudding mengatakan, isu pergantian Ketua DPR itu paling tidak akan membawa pengaruh dalam konteks kinerja.

"Apalagi dalam kondisi saat ini, eskalasi politik tinggi, pimpinan akan terjadi pergantian. Saya kira ini akan menyedot perhatian kita dan bisa saja akan membawa dampak yang kurang baik," kata Sudding, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (23/11).

Meski demikian, kata Sudding, pergantian alat kelengkapan dewan hingga pimpinan DPR merupakan hak dari setiap partai politik. Untuk itu, Ia berharap agar internal Golkar melakukan komunikasi guna menghindari kericuhan politik.

"Etis atau tidak kita kembalikan kepada masyarakat untuk memberikan penilaian. Kalau bisa dilakukan secara soft tanpa menimbulkan riak-riak, ada kelegowoan, ketika fraksi ingin melakukan pergantian," katanya.

TERKINI
Ten Hag Sebut Rashford Perlu Dukungan untuk Bangkit Sepakat! Arne Slot Jadi Pelatih Liverpool Musim Depan Wenger Beri Resep ke Arteta Jelang Derbi London Utara Postecoglou Akui Spurs Sempat Panik Ditinggal Kane