Kepada PBB, Erdogan: Turki Siap Ratifikasi Perjanjian Iklim Paris

Rabu, 22/09/2021 07:43 WIB

New York, Jurnas.com - Presiden Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pada Selasa bahwa Turki akhirnya siap untuk meratifikasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim.

Pengumuman Erdogan pada pertemuan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyusul setahun peristiwa cuaca buruk di Turki, termasuk kebakaran hutan dan banjir bandang  yang telah merenggut sekitar 100 nyawa.

Turki pada April 2016 menandatangani perjanjian penting untuk membatasi emisi berbahaya yang berkontribusi terhadap pemanasan global, yang oleh para ilmuwan disalahkan atas peristiwa cuaca yang semakin ekstrem dan lebih sering terjadi.

Tetapi belum secara resmi meratifikasi perjanjian itu melalui pemungutan suara di parlemen.

Erdogan mengatakan kepada Majelis Umum PBB bahwa Turki sekarang bermaksud untuk menyelesaikan proses ratifikasi tepat waktu untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB November di Glasgow.

"Saya ingin mengumumkan kepada seluruh dunia di sini dari Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa keputusan yang telah kami ambil menyusul kemajuan yang dibuat dalam kerangka perjanjian. Kami berencana untuk menyerahkan Perjanjian Iklim Paris untuk disetujui ke parlemen kami bulan depan," kata Erdogan.

"Sebelum konferensi perubahan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang akan diadakan di Glasgow, kami membayangkan fase ratifikasi perjanjian yang ditargetkan netral karbon," sambungnya.

Erdogan berada di bawah tekanan politik yang kuat di dalam negeri karena penanganannya terhadap kebakaran hutan yang mematikan dan banjir bandang yang melanda wilayah resor Mediterania selatan Turki dan pantai Laut Hitam utara pada Agustus.

Dua bencana dan kekeringan yang menyertainya di tenggara Turki telah mendorong pentingnya masalah lingkungan di benak para pemilih, terutama bagi generasi muda.

Erdogan akan membutuhkan dukungan jutaan remaja yang akan memberikan suara untuk pertama kalinya ketika ia mencoba untuk memperpanjang kekuasaannya menjadi dekade ketiga dalam pemilihan umum yang dijadwalkan paling lambat Juni 2023.

Presiden yang berkuasa itu mencurahkan seluruh bagian penutup dari pidatonya yang luas di PBB - yang disiarkan langsung di sebagian besar saluran berita Turki - untuk masalah iklim.

"Sementara Bumi menampung jutaan spesies hidup di tanahnya, Bumi hanya mengharapkan kita untuk menghormati keseimbangan alam sebagai imbalan atas kemurahan hati ini," katanya.

Namun dia menambahkan bahwa pencemar terbesar di dunia "juga harus memberikan kontribusi terbesar untuk memerangi perubahan iklim".

"Tidak seperti masa lalu, kali ini tidak ada yang berhak mengatakan: saya kuat, saya tidak membayar tagihan," kata Erdogan. "Karena perubahan iklim memperlakukan umat manusia dengan cukup adil." (AFP)

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih