Australia Laporkan 1.607 Kasus COVID-19 saat negara bagian belajar hidup dengan virus

Minggu, 19/09/2021 16:23 WIB

Melbourne, Jurnas.com - Australia melaporkan 1.607 kasus baru COVID-19 pada Minggu ketika negara bagian dan teritori secara bertahap beralih dari mencoba menghilangkan wabah menjadi hidup dengan virus.

Victoria, rumah bagi sekitar seperempat dari 25 juta penduduk Australia, mencatat 507 kasus ketika perdana menteri mengatakan penguncian selama berminggu-minggu akan berakhir setelah 70 persen dari mereka yang berusia 16 tahun ke atas divaksinasi sepenuhnya, terlepas dari apakah ada kasus baru atau tidak.

Perdana Menteri Daniel Andrews mengatakan negara bagian itu mungkin mencapai ambang vaksinasi itu sekitar 26 Oktober. Sekitar 43 persen penduduk Victoria telah sepenuhnya divaksinasi dan lebih dari 46 persen orang di seluruh negeri.

"Penguncian akan berakhir. Alasan (terbatas) untuk meninggalkan rumah Anda dan jam malam tidak akan berlaku lagi," kata Andrews, menambahkan bahwa serangkaian pembatasan masih akan diberlakukan.

Restoran dan pub akan diizinkan untuk dibuka kembali tetapi hanya dengan maksimal 50 orang yang divaksinasi lengkap yang duduk di luar ruangan, sementara larangan pengunjung ke rumah akan tetap berlaku.

Tetapi begitu tingkat vaksinasi meningkat menjadi 80 persen (diproyeksikan sekitar 5 November ) penduduk Melbourne yang divaksinasi penuh akan menikmati kebebasan yang lebih luas, termasuk tidak menggunakan masker di luar ruangan, hingga 10 pengunjung ke rumah, dan pilihan untuk bekerja dari kantor.

Andrews mengatakan, pihak berwenang bertujuan agar 80 persen dari populasi negara bagian yang memenuhi syarat divaksinasi penuh pada waktunya untuk Piala Melbourne pada 2 November, membiarkan pintu terbuka untuk orang banyak di jalur pacuan kuda paling terkenal di Australia.

Sistem kesehatan kemungkinan akan berada di bawah tekanan kuat sebagai akibat dari perubahan, kata Andrews, tetapi pembukaan kembali yang terhuyung-huyung akan membantu Melbourne untuk menormalkan respons virusnya.

"Kami tidak dapat menekan virus ini secara terus-menerus atau permanen. Penguncian telah mengulur waktu untuk mendapatkan vaksinasi 70 dan 80 persen," katanya.

"Kami dengan cepat mendekati tonggak sejarah itu dan pada saat itu kami harus membuka tempat itu, karena tetap tutup selamanya memiliki biayanya sendiri dalam setiap arti kata itu," sambungnya.

Pengumuman itu muncul sehari setelah beberapa petugas polisi terluka dan lebih dari 200 pengunjuk rasa ditangkap pada demonstrasi anti-lockdown yang penuh kekerasan di Melbourne.

Petugas menggunakan semprotan merica ke kerumunan, yang menentang perintah tinggal di rumah untuk berbaris melalui pinggiran kota dalam menentang pembatasan pandemi.

Rencana COVID-19 mengikuti skema federal yang akan mengakhiri penguncian pada tingkat vaksinasi 70 persen dan secara bertahap membuka kembali perbatasan internasional pada 80 persen.

New South Wales telah mengadopsi rencana serupa. Negara bagian terpadat di Australia melaporkan 1.083 kasus pada hari Minggu karena menggunakan penguncian dan vaksinasi untuk memerangi wabah varian Delta yang dimulai pada pertengahan Juni.

Negara bagian, rumah bagi Sydney, melonggarkan beberapa pembatasan berkumpul pada hari Minggu. Sekitar 52 persen orang telah divaksinasi di New South Wales.

Setelah menghilangkan wabah COVID-19 tahun lalu melalui penguncian, penutupan perbatasan, dan tindakan kesehatan masyarakat yang ketat, Australia telah mengakui dalam beberapa bulan terakhir bahwa mereka mungkin tidak dapat memberantas wabah Delta.

Negara ini memiliki lebih dari 84.000 kasus virus corona, tetapi dua pertiga dari infeksi telah terjadi tahun ini, sebagian besar sejak Juni. Ada 1.162 kematian akibat COVID-19.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?