Pemimpin Kudeta Guinea Janji Segera Bentuk Pemerintahan Transisi Persatuan Nasional

Selasa, 07/09/2021 07:55 WIB

Conakry, Jurnas.com - Para pemimpin kudeta militer di Guinea berjanji untuk membentuk pemerintahan transisi persatuan nasional setelah menggulingkan Presiden Alpha Conde dan membubarkan kabinetnya.

Kudeta yang terjadi Minggu (5/9) adalah yang ketiga sejak April di Afrika Barat dan Tengah, meningkatkan kekhawatiran tentang kembalinya kekuasaan militer di wilayah yang telah membuat langkah menuju demokrasi multi-partai sejak 1990-an.

Pengambilalihan itu secara luas dikutuk oleh kekuatan internasional, memberikan tekanan pada para pemimpin militer baru untuk menawarkan rencana di luar penggulingan tatanan lama, dan untuk meyakinkan investor bahwa ekspor bijih Guinea yang signifikan tidak akan dipotong.

"Konsultasi akan dilakukan untuk menentukan kerangka utama transisi, kemudian pemerintah persatuan nasional akan ditempatkan untuk memimpin transisi," pemimpin kudeta Mamady Doumbouya, mantan perwira legiuner Prancis, mengatakan pada pertemuan para menteri Conde dan pejabat senior pemerintah.

"Pada akhir fase transisi ini, kami akan mengatur nada untuk era baru bagi pemerintahan dan pembangunan ekonomi," katanya, diapit oleh tentara bersenjata dengan baret merah.

Doumbouya tidak mengatakan apa yang akan terjadi dengan transisi atau memberikan tanggal untuk kembalinya pemilihan demokratis.

Perebutan kekuasaannya dipicu ketidakpuasan terhadap Conde, yang menjanjikan demokrasi yang stabil tetapi setelah berkuasa dengan keras membungkam lawan, gagal mengurangi kemiskinan dan tahun lalu memutuskan untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Kudeta itu disambut banyak orang, tetapi menakuti sektor pertambangan. Guinea memiliki cadangan bauksit terbesar di dunia, bijih yang digunakan memproduksi aluminium. Harga logam melonjak ke level tertinggi 10 tahun pada Senin, meskipun tidak ada tanda-tanda gangguan pasokan.

Dalam upaya untuk memadamkan ketakutan, Doumbouya mengatakan perbatasan laut akan tetap terbuka sehingga produk pertambangan dapat diekspor. Jam malam yang berlaku sekarang tidak berlaku untuk sektor pertambangan, katanya.

"Saya dapat meyakinkan mitra bisnis dan ekonomi bahwa kegiatan di dalam negeri akan berjalan normal. Kami meminta perusahaan pertambangan untuk melanjutkan kegiatannya," katanya.

Pasca kudeta, lalu lintas kembali lancar, dan beberapa toko dibuka kembali di sekitar distrik administratif utama Kaloum di Conakry yang menyaksikan tembakan keras sepanjang Minggu ketika pasukan khusus memerangi tentara yang setia kepada Conde.

Seorang juru bicara militer mengatakan di televisi bahwa perbatasan darat dan udara juga telah dibuka kembali. Namun, tindakan keras tetap terlihat. Doumbouya melarang pejabat pemerintah meninggalkan negara itu dan memerintahkan menyerahkan kendaraan dinas mereka.

Para politisi yang menghadiri pertemuan hari Senin itu kemudian dikawal oleh tentara dengan baret merah melewati kerumunan yang mencemooh ke markas besar unit tentara Conakry.

Dua sumber diplomatik mengatakan Perdana Menteri Ibrahima Kassory Fofana, Menteri Urusan Kepresidenan Mohamed Diané dan Ketua Majelis Nasional Amadou Damaro Camara telah ditangkap.

Amnesty International, dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, meminta para pemimpin kudeta untuk mengklarifikasi dasar hukum penahanan Conde, dan untuk membebaskan mereka yang ditahan secara sewenang-wenang dalam bulan-bulan sekitar pemilihan tahun lalu.

Namun para ahli regional mengatakan bahwa tidak seperti di Mali yang terkurung daratan di mana tetangga dan mitranya dapat menekan junta di sana setelah kudeta pada Agustus 2020, pengaruh militer di Guinea dapat dibatasi karena tidak terkurung daratan dan juga karena bukan anggota serikat mata uang Afrika Barat. (Reuters)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2