Australia Laporkan 1.756 Infeksi COVID-19

Sabtu, 04/09/2021 12:52 WIB

Melbourne, Jurnas.com - Australia melaporkan 1.756 infeksi pada Sabtu (4/9). Sebagian besar kasus kembali terjadi di New South Wales, yang telah memerangi wabah varian Delta yang sangat menular sejak pertengahan Juni.

Negara bagian melaporkan 1.533 kasus baru dan empat kematian lebih lanjut.

Negara tetangga Victoria melaporkan 190 kasus, Wilayah Ibu Kota Australia 32 dan Queensland satu. Infeksi harian baru-baru ini meningkat sekitar dua kali lipat dari gelombang pandemi terburuk sebelumnya di Australia setahun yang lalu.

Percaya wabah ini tidak dapat dihilangkan - strategi yang berhasil digunakan oleh negara bagian dan teritori pada gelombang sebelumnya - otoritas New South Wales dan Victoria telah berfokus pada percepatan inokulasi untuk membuat kasus-kasus tersebut tidak terlalu ganas.

Meskipun infeksi di Victoria, dalam penguncian keenamnya, turun sedikit dari 208 hari Jumat, otoritas kesehatan mengatakan wabah itu belum memuncak.

"Tren keseluruhan adalah peningkatan yang lambat dan stabil. Itulah mengapa vaksinasi sangat penting, seperti mengikuti aturan," kata Kepala Petugas Kesehatan Victoria Brett Sutton dalam konferensi pers.

New South Wales, negara bagian terpadat dan rumah bagi Sydney, memperkirakan lebih dari 1.000 kasus baru sehari selama setidaknya dua minggu lagi, dengan penerimaan rumah sakit kemungkinan akan mencapai puncaknya pada Oktober.

Pada hari Sabtu, pejabat kesehatan mengatakan 137 dari 173 orang dalam perawatan intensif di rumah sakit tidak divaksinasi.

Victoria, New South Wales dan Australian Capital Territory, bersama-sama menjadi rumah bagi hampir 60 persen dari 25 juta penduduk Australia, telah dikunci ketat selama berminggu-minggu.

Itu diperkirakan akan berlanjut sampai 70 persen populasi telah divaksinasi sepenuhnya. Pada kecepatan saat ini, Australia dapat mencapai ambang batas itu pada akhir Oktober atau awal November.

Hanya sekitar sepertiga dari mereka yang berusia 16 tahun ke atas yang telah divaksinasi, meskipun kecepatannya telah meningkat pesat, dengan pemerintah federal berlomba untuk mengamankan lebih banyak suntikan Pfizer.

Australia telah mencatat hanya di bawah 60.000 kasus COVID-19 dan 1.036 kematian, jauh lebih sedikit daripada banyak negara yang sebanding. (Reuters)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2