Nakes Filipina Protes Pengabaian Pemerintah saat Varian Delta Melonjak

Kamis, 02/09/2021 12:34 WIB

Manila, Jurnas.com - Petugas kesehatan menggelar aksi protes di ibukota Filipina untuk menuntut diakhirinya apa yang mereka katakan sebagai pengabaian pemerintah dan tunjangan yang tidak dibayar.

Para pengunjuk rasa yang mengenakan peralatan medis pelindung berkumpul pada hari Rabu di Departemen Kesehatan (DOH) dan memegang plakat yang menuntut tunjangan risiko, pembayaran bahaya, dan pengunduran diri Menteri Kesehatan Francisco Duque.

Duke telah berulang kali menolak seruan pengunduran dirinya, bersikeras bahwa dia masih memiliki kepercayaan dari Presiden Rodrigo Duterte.

Filipina melewati angka dua juta dalam kasus virus corona pada hari Rabu, hampir seperempat dari yang tercatat pada bulan Agustus saja. Staf medis kewalahan dan 103 kematian baru dilaporkan pada  Rabu, menambah lebih dari 33.000 kematian akibat COVID-19.

"Sangat menyedihkan bahwa banyak dari kita telah meninggal, banyak dari kita menjadi sakit, dan banyak yang mengundurkan diri atau memilih untuk mundur lebih awal, namun kita masih berlutut di hadapan DOH untuk memberi kita keuntungan kita," kata Robert Mendoza, Presiden Aliansi Tenaga Kesehatan.

Pada Selasa (31/8), perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia di negara itu telah mengumumkan, varian Delta sekarang menjadi kasus dominan di Filipina. "Tentu. Dengan jumlah seperti ini, kami berada dalam transmisi komunitas varian Delta," kata Dr Rabindra Abeyasinghe dalam briefing media.

Presiden Rodrigo Duterte member tenggat waktu untuk membayar para pekerja kesehatan, menyusul ancaman perawat untuk mengundurkan diri dan serikat pekerja memperingatkan pemogokan.

"Pemerintah berjanji akan memberikan manfaat hari ini tetapi sampai sekarang belum. Saya kasihan pada kami karena kami yang memohon," kata perawat Nico Oba.

Duterte juga mendukung Menteri Kesehatan Duke selama seruan berulang kali untuk pengunduran dirinya, yang terbaru setelah auditor negara menandai kekurangan lebih dari $ 1 miliar dalam pengeluaran COVID-19.

Duke pada Rabu (1/9) mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pemerintah sedang mengerjakan pelepasan manfaat tetapi meminta lebih banyak waktu.

Asosiasi Perawat Filipina mengadakan protesnya sendiri secara virtual untuk menuntut kondisi kerja yang lebih baik dan lebih banyak staf di rumah sakit, hampir sepertiga di antaranya telah mencapai "tingkat kritis" dengan lebih dari 85 persen hunian, menurut data pemerintah.

Seperti di tempat lain di Asia Tenggara, di mana tingkat vaksinasi rendah, varian Delta yang sangat menular telah melihat kematian meningkat dan kasus melonjak, dengan rekor harian 22.366 kasus di Filipina pada hari Senin.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran TV yang berbasis di Manila, Dr Tony Leachon, mantan penasihat Duterte tentang tanggapan COVID-19, memperingatkan Filipina akan segera menjadi pusat pandemi di Asia Tenggara.

Dia mengatakan Filipina sekarang berada dalam “badai yang sempurna” mengingat meningkatnya jumlah kasus, tingkat vaksinasi yang masih rendah dan sistem pelacakan kontak yang buruk, terbebani lebih lanjut oleh penyelidikan Kongres atas dugaan penyalahgunaan dana COVID-19.

“Sistem perawatan kesehatan akan segera runtuh jika kita tidak dapat mengendalikannya,” katanya kepada ABS-CBN. (Aljazeera)

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?