https://images.jurnas.com/img/conf-Jurnas_11.jpg

Simak Lima Kegiatan Seru Atasi Jenuh Gara-gara Enggak Mudik Lebaran

Samrut Lellolsima | Kamis, 13/05/2021 17:20 WIB

Ada berbagai kegiatan seru bagi masyarakat yang tidak mudik lebaran. Setidaknya ada lima kegiatan yang dirangkum agar momen Idul Fitri 1442 H ini tidak membosankan, simak lengkapnya: Ilustrasi Video Call. (Foto: Lintas Kalimantan)

Jakarta, Jurnas.com - Pandemi COVID-19  membuat momen Lebaran berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekarang masyarakat yang berada di rantau dilarang mudik ke kampung halaman oleh pemerintah.

Ada berbagai kegiatan seru bagi masyarakat yang tidak mudik lebaran. Setidaknya ada lima kegiatan yang dirangkum agar momen Idul Fitri 1442 H ini tidak membosankan, simak lengkapnya:

1. Silahturahmi dengan keluarga lewat video call

Tidak mudik ke kampung halaman bukan berarti kamu tidak bisa menjalin silahturahmi dengan keluarga. Kehadiran teknologi saat ini membuat kita bisa melakukan silahturahmi tatap muka dengan menggunakan fitur video call. Dengan melakukan silahturahmi melalui video call bersama keluarga dan para sahabat akan membuat kamu menghabiskan sebagian besar waktu Lebaran tanpa dihampiri rasa jenuh.

Baca juga :

2. Memasak makanan khas Lebaran

Merayakan Lebaran memang identik dengan makanan-makanan khas yang biasanya disajikan untuk disantap bersama keluarga. Meski jauh dari keluarga, kamu juga tetap bisa menyatap hidangan khas Lebaran dengan memasaknya sendiri.

Tak perlu khawatir akan keribetan memasaknya karena saat ini sudah banyak resep masakan Lebaran yang mudah dan praktis untuk diikuti. Adapun makanan yang bisa kamu buat adalah opor, rendang, hingga kue-kue kering untuk membuat suasana Lebaran kamu di perantauan lebih terasa.

3. Menonton film atau serial TV

Menonton film ataupun serial seperti drama-drama Korea merupakan salah satu cara ampuh untuk menghabiskan waktu libur Lebaran. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ini dengan menonton film atau drama yang sudah ada di daftar tontonan yang sebelumnya belum sempat untuk ditonton. Selain itu, kamu juga bisa menambah keseruan nonton dengan menyediakan camilan untuk disantap.

4. Menekuni hobi

Waktu liburan Lebaran juga sangat bisa dimanfaatkan untuk menekuni hobi yang selama ini belum sempat untuk didalami, seperti memasak, membuat kue, menulis, dan sebagainya. Dengan mendalami hobi-hobi yang dimiliki selama ini, kamu juga lebih bisa mengasah kemampuan diri sendiri dan belajar hal yang baru. 

5. Silahturahmi dengan teman sesama perantau

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menambah keseruan momen Lebaran adalah dengan melakukan silahturahmi dengan teman sesama perantau. Dengan berkumpul bersama perantau lainnya akan membuat suasana lebaran di kampung halaman lebih melekat dan pastinya akan lebih seru. Namun, perlu diingat untuk merayakan Lebaran bersama teman harus tetap mematuhi protoko kesehatan dan menjaga jarak, ya. 

TAGS : Idul Fitri Lebaran Mudik Tips Atasi Jenuh