https://images.jurnas.com/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Hiburan Gaya Hidup Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Berkah Messi untuk PSG: Banjir Sponsor, Pendapatan Meroket

Mutiul Alim | Minggu, 16/01/2022 12:01 WIB

PSG kini menuai hasil setelah menandatangani Messi musim panas lalu dari Barcelona dengan menghabiskan 80 juta euro setiap tahun. Lionel Messi dikejar pemain Club Brugge (foto: Football5star)

Paris, Jurnas.com - Lionel Messi baru menghabiskan lima bulan di Paris Saint-Germain, dengan mencatatkan enam gol dan lima assist dalam 16 pertandingan.

Namun dampaknya di ibu kota Prancis bukan saja di lapangan hijau. Bintang asal Argentina itu juga membantu PSG mengamankan delapan kesepakatan sponsor baru.

PSG kini menuai hasil setelah menandatangani Messi musim panas lalu dari Barcelona dengan menghabiskan 80 juta euro setiap tahun.

"Peningkatan pendapatan kami pada 2021 akan signifikan," kata direktur sponsor PSG Marc Armstrong kepada EFE dikutip dari Marca pada Minggu (16/1) saat ditanya soal mengakui dampak Messi.

Baca juga :

"Ini akan lebih dari 10 persen lebih dari tahun 2020. Messi berada di puncak permainannya di Copa America, dan dia telah menunjukkan itu di Liga Champions. Tapi dia tidak sendirian, dengan (Gianluigi) Donnarumma, (Achraf) Hakimi, dan (Kylian) Mbappe," lanjut dia.

Tahun 2020 lalu, PSG memperoleh sekitar 235 juta euro dari pendapatan komersial, yang mewakili 54 persen dari total pendapatan mereka. Angka itu harus naik lagi untuk tahun 2021.

Sejak penandatanganan Messi pada 10 Agustus, delapan mitra baru telah maju untuk menemukan kesepakatan dengan PSG. DIOR adalah salah satunya, serta yang lain seperti crypto.com.

Nike akan terus menyediakan perlengkapan PSG hingga setidaknya 2032 seharga 75 juta euro per tahun, sementara Coca Cola baru-baru ini memperbarui hingga 2024 sebagai sponsor, seperti yang lainnya.

Di media sosial, jumlah pengikut PSG mengalami peningkatan sekitar 15 juta sejak penandatanganan Messi. Sementara itu hak siar untuk Ligue 1 akan meningkat, telah dijual lebih murah dari sebelumnya sebelum penandatanganan Messi.

Menurut sumber pasar yang dikonsultasikan oleh EFE, PSG menjual lebih dari satu juta jersey pada tahun 2021, jauh melebihi jumlah tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan Messi berkontribusi sebesar 30-40 persen.

(Mutiul Alim) TAGS : Liga Inggris Lionel Messi PSG Paris Saint-Germain