Pesawat Tempur Israel Gempur Situs-situs Hamas di Gaza

Selasa, 24/08/2021 17:35 WIB

Tel Aviv, Jurnas.com - Pesawat-pesawat tempur Israel membom situs-situs Hamas di Gaza sebagai tanggapan atas balon-balon pembakar yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina yang menyebabkan kebakaran di Israel selatan.

Tidak ada laporan segera mengenai korban dalam serangan udara yang menargetkan apa yang dikatakan militer pada Selasa pagi sebagai fasilitas produksi senjata dan situs peluncuran roket milik Hamas, kelompok yang memerintah Gaza.

Disadur dari Reuters, dalam sebuah pernyataan, tentara Israel mengatakan jet tempur menyerang lokasi pembuatan senjata Hamas di Khan Younis serta pintu masuk terowongan teror di Jabalya.

"Sebuah situs peluncuran roket bawah tanah Hamas yang terletak berdekatan dengan rumah-rumah sipil dan sebuah sekolah di Shujaiya, juga diserang," kata militer itu. "Serangan itu sebagai tanggapan terhadap Hamas yang meluncurkan balon pembakar ke wilayah Israel."

Sejak gencatan senjata yang dimediasi Mesir menghentikan 11 hari pertempuran Israel-Hamas pada bulan Mei, kelompok-kelompok di Gaza secara sporadis mengirim balon-balon pembakar ke Israel, menarik serangan Israel terhadap fasilitas Hamas.

Palestina mengatakan balon itu bertujuan untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan di Gaza dan mengizinkan bantuan untuk mencapai wilayah itu.

Balon yang diluncurkan Senin memicu kebakaran di ladang Israel di sepanjang perbatasan Gaza, kata Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel.

Kekerasan lintas-perbatasan telah meningkat meskipun ada pengumuman Israel pekan lalu tentang dimulainya kembali bantuan Qatar ke Gaza, sebuah langkah yang dilihat sebagai memperkuat gencatan senjata yang rapuh.

Menghadapi pengunjuk rasa Gaza di sepanjang perbatasan pada hari Sabtu, pasukan Israel menembak dan melukai 41 warga Palestina, melukai dua orang secara kritis, kata petugas medis.

Tembakan Palestina melukai serius seorang tentara Israel, kata militer.

Beberapa hari sebelum kekerasan hari Sabtu, pejuang Gaza meluncurkan roket ke Israel yang ditembak jatuh oleh sistem anti-rudal Iron Dome dalam serangan roket pertama sejak gencatan senjata 21 Mei.

Lebih dari 250 warga Palestina, banyak dari mereka warga sipil dan anak-anak, dan 13 warga Israel tewas dalam serangan Mei di Gaza, di mana Israel melakukan serangan udara tanpa henti di daerah kantong pantai, mendorong pejuang Gaza untuk menembakkan roket ke kota-kota Israel.

Israel menjaga Gaza di bawah blokade, dengan ketat membatasi pergerakan keluar dari wilayah yang merupakan rumah bagi dua juta warga Palestina. Mesir juga mempertahankan pembatasan di daerah kantong itu. Keduanya mengutip ancaman dari Hamas atas pembatasan tersebut. (Reuters)

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya