DPR dan Pemerintah Bersinergi Bangun Pemerataan Internet di Seluruh Indonesia

Senin, 16/08/2021 23:46 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah dan DPR terus memperkuat bersinergi dalam mewujudkan pemerataan internet di seluruh Indonesia.

Pemerataan internet akan mempercepat transformasi digital untuk mengadopsi kemajuan teknologi, dan memperkokoh landasan perekonomian Indonesia di masa mendatang.

Demikian mengemuka dalam webinar via zoom yang  diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bertajuk Pemerataan Akses Internet Menuju Indonesia Merdeka Sinyal, Senin (16/8).

Webinar itu diikuti 150 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek. Webinar menghadirkan Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid sebagai keynote speaker, dan pembicaranya adalah Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata, Dian Siswarini serta Sub Koordinator Pelaksana Literasi Digital, Kemenkominfo, Indriani Rahmawati.

"Jauh sebelum Covid-19, Komisi 1 DPR bersama pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan akses internet ke tengah masyarakat, yakni melalui berbagai program pembangunan infrasruktur telekomunikasi di bawah berkelanjutan Indonesia Merdeka Sinyal," ujar Meutya Hafid.

Politisi perempuan Partai Golkar itu juga mengungkapkan DPR terus mendorong pemerintah untuk mempercepat berbagai upaya dalam membangun literasi digital sehingga menjadi upaya perubahan kultur dan attitude masyarakat dalam percepatan transformasi digital.

"Mengakses internet secara mudah, cepat dan terjangkau merupakan impian seluruh anak bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke," katanya.

Sementara itu, Sub Koordinator Pelaksana Literasi Digital, Kemenkominfo, Indriani Rahmawati mengungkapkan Kominfo telah menyiapkan tiga unsur dalam proses literasi digital untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang terliterasi,” ucapnya.

Ada tiga unsur dalam proses literasi digital, yaitu platform, framework, dan activation. Platform merupakan web dan aplikasi digital yang terintegrasi sebagai untuk mendalami literasi digital. Lalu, framework atau rangkaian kegiatan untuk memicu penggunaan platform dan pengembangan konten.

“Pada unsur activation, pengembangan konten literasi digital berkolaborasi dengan berbagai pihak harapannya jumlah talenta digital meningkat lebih cepat,” katanya.

Di tempat yang sama, Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan XL Axiata mendukung pemerintah melalui berbagai program untuk pengembangan jaringan dan layanan ke pelosok negeri.

Pihaknya juga berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah dalam membangun bangsa sesuai prinsip berkelanjutan melalui transformasi digital yang inovatif.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya