Anggotanya Injak Kepala Warga di Merauke, TNI AU Akan Tindak Tegas

Selasa, 27/07/2021 23:21 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menegaskan, TNI AU bakal menindak tegas setiap prajurit TNI AU yang melakukan pelanggaran.

Pernyataan tegas itu disampaikan Kadispenau menyikapi insiden dua anggota Pomau Lanud Merauke yang viral di media sosial.

Dalam video yang viral di media sosial, dua anggota Pomau Lanud Merauke melakukan kekerasan dan bahkan menginjak kepala seorang warga.

“Kita akan tindak lanjuti kejadian ini, kedua oknum anggota ini akan ditindak secara tegas, sesuai aturan hukum yang berlaku di lingkungan TNI,” tegas Marsma Indan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (27/7).

Kadispenau menyesalkan kejadian tersebut. Indan memastikan kejadian tersebut sudah ditangani oleh Satuan Polisi Militer Lanud Johannes Abraham Dimara (Dma), Merauke.

“Kedua oknum anggota Lanud Dma ini sudah di tahan di Satpomau, dan proses hukumnya sedang berjalan,” katanya.

Indan menjelaskan, insiden itu berawal saat kedua anggota TNI hendak membeli makan di salah satu rumah makan yang berada di Jalan raya Mandala–Muli, Merauke, Senin (26/7/2021).

Pada saat bersamaan, tuturnya, terjadi keributan seorang warga dengan penjual bubur ayam yang lokasinya berdekatan dengan rumah makan padang tersebut.

Keributan ini disebabkan oleh seorang warga yang diduga mabuk, melakukan pemerasan kepada penjual bubur ayam dan juga kepada pemilik rumah makan padang dan sejumlah pelanggannya.

Kedua anggota, kata Indan, berinisiatif melerai keributan dan membawa warga yang membuat keributan tersebut ke luar warung. Namun, saat mengamankan warga, kedua oknum melakukan tindakan yang dianggap berlebihan terhadap warga.

“Kita menyesalkan tindakan berlebihan yang dilakukan oleh dua oknum anggota ini pada saat mengamakan warga, dan sejak kemarin (Senin) keduanya sudah ditahan di Satpom Lanud Dma untuk proses hukum selanjutnya,” katanya.

Diketahui, dalam sebuah sebuah video pendek yang viral di media sosial, terlihat seorang warga sedang beradu mulut dengan warga lainnya.

Tak lama kemudian terlihat dua oknum TNI AU menghampiri dan langsung memiting korban. Tak cukup sampai di situ, korban ditarik ke pinggir jalan dan diposisikan tengkurap.

Kemudian, seorang anggota TNI AU memiting tangan korban hingga ke bagian punggung dan seorang anggota lainnya menginjak kepala korban.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios