Kabul Desak Eropa Hentikan Deportasi Paksa Warga Afghanistan

Senin, 12/07/2021 06:54 WIB

Kabul, Jurnas.com - Afghanistan mendesak negara-negara Eropa untuk menghentikan deportasi paksa para migran Afghanistan selama tiga bulan ke depan, ketika pasukan keamanan memerangi gelombang kekerasan yang dipicu oleh serangan Taliban yang memusingkan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pada Minggu (11/7) konflik yang meningkat juga menyebabkan lebih banyak penderitaan di seluruh negara yang dilanda kekerasan karena mendesak untuk bantuan keuangan berkelanjutan.

Afghanistan menghadapi krisis ketika gerilyawan merebut wilayah di pedesaan, meregangkan pasukan pemerintah dan mengarah ke gelombang baru keluarga terlantar, diperumit oleh wabah baru COVID-19.

"Meningkatnya kekerasan oleh kelompok teroris Taliban di negara itu dan penyebaran gelombang ketiga (COVID-19) telah menyebabkan banyak keresahan ekonomi dan sosial, menciptakan kekhawatiran dan tantangan bagi rakyat," para pengungsi dan pemulangan Afghanistan. kata kementerian dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

"Keputusan pemerintah menekankan bahwa negara tuan rumah harus menahan diri dari mendeportasi paksa pengungsi Afghanistan ... selama tiga bulan ke depan," kata kementerian itu, menambahkan bahwa kembalinya warga Afghanistan dari Eropa mengkhawatirkan.

Ada hampir 2,5 juta pengungsi terdaftar dari Afghanistan pada 2018 - populasi pengungsi terbesar kedua di dunia, menurut badan pengungsi PBB. Sebagian besar berada di negara tetangga Pakistan, diikuti oleh Iran, dan Eropa.

Sementara lebih dari 570 pengungsi Afghanistan secara sukarela kembali ke negara itu antara Januari dan Maret tahun ini, dengan bantuan PBB, hanya enam yang datang dari luar Pakistan dan Iran, menurut data dari badan pengungsi PBB.

Peranga Menyebabkan Lebih Penderitaan

Warga Afghanistan merupakan bagian yang cukup besar dari pencari suaka UE, dengan 44.190 aplikasi pertama kali tahun lalu, dari total 416.600, menurut Eurostat, badan statistik UE.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi bulan lalu mengatakan Eropa harus bersiap untuk arus masuk baru migran dari Afghanistan setelah pasukan asing meninggalkan negara itu.

Tahun ini, beberapa negara Uni Eropa setuju untuk menawarkan suaka kepada warga Afghanistan yang bekerja dengan pasukan asing dan menghadapi risiko serangan balasan dari Taliban.

Afghanistan mencatat lebih dari 1.000 kasus COVID-19 pada hari Minggu, kata kementerian kesehatan.

Hampir 135.000 kasus dan lebih dari 5.700 kematian telah dilaporkan sejak pandemi dimulai, dengan negara bergantung pada sumbangan dari komunitas internasional untuk memvaksinasi penduduknya.

Ramiz Alakbarov, Deputi Perwakilan Khusus PBB untuk Afghanistan, mengatakan negara itu juga menghadapi peningkatan kesulitan dengan konflik yang berkembang sejak Taliban melancarkan serangan yang memusingkan.

"Kebutuhan kemanusiaan yang sudah ada sebelumnya semakin diperburuk," katanya kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa setidaknya setengah dari 33,5 juta orang di negara itu membutuhkan bantuan kemanusiaan.

"Eskalasi kegiatan militer dan eskalasi konflik dan perang menyebabkan lebih banyak penderitaan" selain dari kekeringan dan kekhawatiran COVID-19, kata Alakbarov.

Dia mengatakan bahwa sepanjang tahun ini 25 pekerja bantuan kemanusiaan tewas saat mengirimkan barang-barang bantuan kepada yang membutuhkan.

Dia menyerukan dukungan keuangan berkelanjutan untuk memenuhi bantuan kemanusiaan Afghanistan, menambahkan bahwa US$450 juta telah datang sejauh ini sebagai sumbangan global menyusul seruan US$1,3 miliar yang dibuat untuk tahun 2021.

"Kebutuhannya jauh lebih besar, dan bantuan berkelanjutan diperlukan," kata Alakbarov. (AFP)

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya