Perluas Fasilitas Gas, Irak Pinjam Dana ke Bank Dunia

Rabu, 30/06/2021 12:59 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Irak Basra Gas (BGC) konsorsium telah menandatangani perjanjian pinjaman $360 juta dengan Bank Dunia International Finance Corporation (IFC).

Hal itu dilakukan untuk membantu mengurangi pembakaran gas di selatan negara dan menyediakan bahan bakar yang sangat dibutuhkan untuk pembangkit listrik.

BGC mengatakan bahwa pinjaman IFC lima tahun akan mendanai sebagian pembangunan Pabrik Ekstraksi Cairan Gas Alam Basra yang baru, yang akan meningkatkan kapasitas pemrosesan gas sebesar 40 persen menjadi 1,4 miliar ft³ per hari (14,42bn m³ per tahun) dari 1bn ft per hari.

"Ekspansi tersebut akan berkontribusi pada peningkatan kapasitas BGC untuk memproses tambahan 400 juta kaki kubik standar gas per hari dari produsen terdekat," tambahnya dilansir Middleeast, Rabu (30/06).

Didirikan pada tahun 2013, Basra Gas Consortium adalah perusahaan patungan selama 25 tahun antara Perusahaan Gas Selatan milik negara, Shell, dan Mitsubishi Jepang.

Irak adalah produsen minyak mentah terbesar kedua di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) setelah Arab Saudi. Mereka memiliki produksi harian rata-rata 4,6 juta barel dalam kondisi normal.

Negara ini juga memiliki perkiraan persediaan 132 triliun kaki kubik gas, 700 miliar di antaranya telah terbakar karena kurangnya infrastruktur untuk mengeksploitasinya, kata kementerian perminyakan Irak. 

Irak membutuhkan gas untuk mengoperasikan pembangkit listrik, dan mengimpor 20 juta standar kaki kubik per hari dari Iran, meskipun 70 juta kaki kubik standar per hari gas diperlukan untuk mengoperasikan pembangkit.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya