Pimpinan DPR Segera Bahas Mitra Kerja Komisi VII

Jum'at, 07/05/2021 16:29 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Usulan terkait pembubaran Komisi VII DPR akan dibahas dalam rapat pimpinan DPR. Dimana usulan pembubaran Komisi VII DPR itu dikarenakan mitra kerjanya saat ini hanya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, usulan anggota DPR dari Fraksi Golkar Dyah Roro tersebut akan dibicarakan dalam rapat pimpinan DPR dalam waktu dekat.

"Apa yang disampaikan oleh yang bersangkutan dalam rapat paripurna akan kita bicarakan dalam rapat pimpinan," kata Dasco, di Jakarta, Jumat (7/5).

Kata Dasco, keluhan Komisi VII DPR terkait mitra kerja yang hanya tersisa Kementerian ESDM sudah kerap disampaikan sejak awal masa sidang DPR RI periode 2019-2024. Sebab, saat itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang awalnya mitra kerja Komisi VII pun dipindahkan ke Komisi IV.

"Memang apa yang disampaikan ini bukan hal yang baru. Karena memang sejak dari awal masa sidang memang terjadi dinamika masalah mitra dari Komisi VII dan Komisi IV ini," kata Dasco.

Sebelumnya, Dyah mengatakan peleburan Kementerian Riset dan Teknologi Ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kemitraan Komisi VII dengan Kemenristek hilang secara otomatis. Hal itu pula yang menjadi alasan utama wacana pembubaran Komisi VII muncul.

"Saya rasa lebih baik Komisi VII dibubarkan saja. Lebih baik kita digabungkan dengan komisi lain saja," kata Dyah pada Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (6/5).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengusulkan agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali menjadi mitra Komisi VII. Pasalnya, Eddy mengakui Komisi VII tidak efektif dalam melaksanakan fungsi pengawasan penganggaran dan fungsi legislasi di DPR RI karena kini mitra kerja hanya tersisa satu.

Usulan pembubaran Komisi VII DPR RI mengemuka setelah Presiden Joko Widodo melebur Kemenristek dengan Kemendikbud. Usai peleburan tersebut, mitra kerja Komisi VII pun hanya tersisa Kementerian ESDM.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?