Setelah Ledakan Natanz, Iran Janji akan Tingkatkan Pengayaan Uranium

Rabu, 14/04/2021 04:18 WIB

Teheran, Jurnas.com - Iran mengatakan, pihaknya akan mulai memperkaya uranium hingga kemurnian 60 persen. Itu disampaikan dua hari setelah ledakan yang diduga didalangi Israel menghantam fasilitas nuklir utamanya di Natanz.

Pengumuman itu membayangi pembicaraan yang sedang berlangsung di Wina yang bertujuan menyelamatkan kesepakatan nuklir 2015 yang compang-camping antara Iran dan kekuatan dunia yang ditinggalkan mantan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump tiga tahun lalu.

Iran mengatakan pihaknya menulis kepada Badan Energi Atom Internasional PBB untuk mengumumkan bahwa Iran akan memulai pengayaan 60 persen, sebuah langkah yang dikonfirmasi kemudian oleh IAEA.

Langkah tersebut akan membawa Iran mendekati ambang kemurnian 90 persen untuk penggunaan militer dan memperpendek potensi waktu pelarian untuk membuat bom atom, sebuah tujuan yang dibantahnya.

Di bawah kesepakatan nuklir, Iran telah berkomitmen untuk mempertahankan pengayaan hingga 3,67 persen, meskipun telah meningkatkannya hingga 20 persen pada Januari.

Kabar terakhir datang dua hari setelah ledakan melumpuhkan listrik di fasilitas nuklir utama Iran di Natanz, yang oleh republik Islam itu disalahkan atas Israel dan dilabeli sebagai tindakan "terorisme".

Israel, yang tidak mengaku bertanggung jawab, sangat menentang upaya Presiden AS Joe Biden untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir.

Kesepakatan antara Iran dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman menjanjikan bantuan Teheran dari hukuman sanksi sebagai imbalan untuk menyetujui pembatasan program nuklirnya.

Israel telah berjanji akan menghentikan Iran untuk membuat bom atom, yang dianggapnya sebagai ancaman eksistensial bagi negara Yahudi.

AS mengatakan pihaknya mendukung Israel tetapi tetap berkomitmen untuk pembicaraan Iran meskipun ada rencana pengayaan Teheran. "Kami tentu prihatin dengan pengumuman provokatif ini," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

"Kami percaya bahwa jalur diplomatik adalah satu-satunya jalan ke depan di sini dan bahwa melakukan diskusi, bahkan secara tidak langsung, adalah cara terbaik untuk mencapai resolusi," sambungnya.

Ledakan misterius di Natanz telah meningkatkan ketegangan secara tajam antara dua kekuatan yang telah terlibat dalam perang bayangan di darat dan laut di Timur Tengah.

Pada Selasa, sebuah kapal yang dioperasikan Israel diserang di lepas pantai UEA di seberang pantai Iran, kata media Israel, dalam pernyataan balas dendam terbaru.

Sumber keamanan, dikutip oleh televisi Channel 12 Israel, mengatakan kapal Hyperion Ray "rusak ringan" di dekat pelabuhan Fujairah di Emirat.

Iran pada Senin berjanji untuk melakukan "balas dendam" atas serangan Natanz. "Jika (Israel) berpikir bahwa mereka dapat menghentikan Iran untuk menindaklanjuti pencabutan sanksi dari rakyat Iran, maka mereka membuat pertaruhan yang sangat buruk," kata Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

"Iran akan membuat pabrik pengayaan lebih kuat dengan menggunakan sentrifugal canggih," tambahnya.

IRNA mengatakan Iran juga akan menambahkan 1.000 sentrifugal dengan kapasitas 50 persen lebih banyak ke mesin yang ada di Natanz, sebagai tambahan untuk menggantikan yang rusak dalam serangan itu.

"Persiapan (untuk implementasi keputusan ini) akan dimulai malam ini di Natanz," kata Organisasi Energi Atom Iran (AEOI).

"Uranium yang diperkaya 60 persen akan digunakan untuk menghasilkan molibdenum untuk digunakan dalam pembuatan berbagai produk radioterapi," organisasi itu menambahkan.

Zarif, setelah pembicaraan dengan timpalannya dari Rusia Sergei Lavrov, juga memperingatkan sekutu Israel dan AS bahwa pihaknya tidak akan mendapatkan pengaruh ekstra di Wina melalui tindakan sabotase dan sanksi.

Sementara itu, Gedung Putih membantah semua keterlibatan AS dalam insiden Natanz.

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu