Soal Pelaksanaan Ibadah Haji 2021, Wamenag: Hanya Allah dan Raja Arab yang Tahu

Jum'at, 09/04/2021 16:45 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah masih belum mengetahui secara pasti waktu pelaksanaan ibadah haji 2021. Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum memberikan kabar terkait jumlah kuota yang akan diberikan ke pemerintah Indonesia.

Hal itu sebagaimana diutarakan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tahuid dalam diskusi 4 Pilar MPR RI bertema "Menanti Kepastian Pemberangkatan Haji 2021, di media center DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (9/4).

"Dari kita (pemerintah) sudah siap, tapi soal kepastian haji 2021 ini hanya Allah SWT dan Raja Arab, Salman Abdullah yang tahu," terangnya.

Kendati begitu, politikus PPP ini optimis pelaksanaan haji 2021 bisa digelar lantaran kondisi pandemi Covid-19 di Arab Saudi mulai menurun.

"Belum kita tahu tanggal 17 Mei penerbangan ke Saudi dari luar akan dibuka, nah ini menambah optimisme kita," jelas Zainut.

Pemerintah, masih kata dia, terus melakukan lobi-lobi ke Pemerintah Saudi agar dapat melaksanakan ibadah haji. Apalagi dengan seluruh persiapan Indonesia yang sudah dilakukan untuk persiapan haji.

"Kita sudah melakukan seluruh persiapan bahkan bisa dikatakan hampir 100 persen. Lobi-lobi juga terus dilakukan jadi ya harapan kami haji ini bisa terlaksana agar tak mengecewakan jamaah yang sudah menunggu untuk melakukan ibadah suci ini," tandasnya.

TERKINI
KPU Siap Hadapi 297 Perkara PHPU Pileg 2024 Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024