Pimpinan DPR: Pemerintah harus Atasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Ramadhan

Selasa, 23/03/2021 13:04 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan kementerian Pertanian (Kementan) serta Badan Urusan Logistik  (Bulog) harus dapat mengatasi kenaikan harga pangan dan melakukan operasi pasar menjelang bulan ramadhan.

Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin mengatakan, hal itu dikarenakan sudah banyaknya harga kebutuhan pangan yang mulai naik di berbagai wilayah. 

"Kemendag untuk menjaga stabilitas harga pangan di pasaran, Tingginya permintaan masyarakat terhadap bahan pokok jelang Bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu faktor penyebab dan harus segera di antisipasi dan dicarikan sebuah solusi,” kata dia dalam keterangan resmi, Selasa (23/3).

Azis meminta pemerintah harus sigap melakukan intervensi pasar jika harga bahan pokok melambung tinggi. Sebab, hal ini akan semakin menyulitkan masyarakat di tengah kondisi perekonomian yang tidak pasti akibat pandemi.

"Kemendag dan Perum Badan Logistik (Bulog) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memastikan keamanan stok bahan pangan dan tidak adanya distribusi pangan yang tersendat hingga menyebabkan kelangkaan bahan pangan di suatu daerah,” terang politisi Golkar ini.

Terakhir, Azis Syamsuddin mendorong Kemendag dan Kementan untuk duduk bersama mencari terobosan agar kebutuhan pokok dapat terpenuhi dan mendapatkan harga yang wajar.

"Jangan sampai masyarakat panik dan tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok karena harga yang semakin tinggi dan langka, yang dapat dimanfaatkan para spekulan untuk bermain" tutupnya.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?