PKB Jateng Dorong Peningkatan Kursi Perempuan di Legislatif

Sabtu, 20/02/2021 20:50 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Ketua DPW PKB Jawa Tengah, KH M Yusuf Chudlori mendorong agar aktivitas politik Perempuan Bangsa semakin intensif sehingga mampu merebut jatah keterwakilan di lembaga yang lebih banyak di kemudian hari.

“Kursi DPR bagi perempuan harus naik. Baik DPR RI, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota,” kata Gus Yusuf dalam Sarasehan Politik Perempuan, Pelantikan dan Muskerwil DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah periode 2019-2024, di Semarang, Sabtu, 20 Februari 2021.

Gus Yusuf hadir bersama Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman, dan Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Tengah Sarif Abdillah. Hadir pula sejumlah anggota DPR RI Perempuan dari PKB seperti Luluk Nur Hamidah, juga Siti Nadlifah.

Gus Yusuf menyebut tiga dari 10 kader PKB Jawa Tengah yang berhasil lolos ke DPR RI adalah perempuan. Adapun di tingkat provinsi, dari 20 anggota dewan dari PKB, 4 di antaranya adalah perempuan.

“Pemilu 2024, harus naik. DPR RI harus bisa 5, syukur-syukur sampai 6. Di provinsi dari 4, harus ditarget bisa mencapai 8. Di Kabupaten/Kota juga harus semakin banyak lagi. Termasuk, tentunya, kursi-kursi Eksekutif, karena Pemilu nanti digelar serentak,” jelasnya.

Syaratnya, lanjut Gus Yusuf, para kader perempuan, utamanya yang ada di Perempuan Bangsa harus kerja keras plus kerja cerdas. Apalagi Pemilu 2024 banyak sekali tantangannya, sekaligus sulit diprediksi. Sebab meski saat ini masih pandemi Covid-19, konsolidasi harus terus berjalan.

“Kita harus betul-betul mempersiapkan diri dari sekarang. Jawa Tengah harus menjadi bagian pilar utama, bagi kemenangan PKB. Ini memang beban, sekaligus tantangan bagi kita semua,” jelas Gus Yusuf.

Sementata itu, Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Tengah Nur Sa`adah. Adapun Sekretaris diemban Ni’matul Azizah. Nur Sa’adah mengakui, pelantikan ini awalnya akan digelar 2020, namun tertunda akibat Covid-19.

"Alhamdulillah sekatang kita sudah pelantikan. Segera digelar rapat kerja untuk semakin menguatkan visi dan misi Perempuan Bangsa Jawa Tengah," ungkapnya.

Nur Sa`adah menambahkan, Perempuan Bangsa tentu menjadi bagian untuk merealisasikan target DPW PKB Jateng dalam meningkatkan jumlah kursi Legislatif. Kader Perempuan Bangsa pun siap kerja keras dan kerja cerdas dengan terus memperkuat konsolidasi, dan jaringan.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum DPP Perempuan Bangsa Siti Mukaromah menegaskan bahwa Perempuan Bangsa punya andil yang signifikan dalam politik PKB, alias bukan sekadar pelengkap.

Ia pun meminta agar semua kader memompa semangat untuk terus meningkatkan kapasitas, serta kerja-kerja nyata, dan bersinergi dengan PKB.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa