Tingkatkan Kompetensi, Petani Milenial Kebumen Ikuti Bimtek Polbangtan Yoma

Rabu, 17/02/2021 10:58 WIB

Yogyakarta, Jurnas.com - Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial Kabupaten Kebumen 2021 sebagai upaya kongkrit mendukung target Kementerian Pertanian (Kementan) menumbuhkan 2,5 juta Petani Milenial pada tahun 2024.

Plt Direktur Polbangtan Yoma melalui Ketua Pelaksana Bimtek, Bagus Prasetia berpesan kepada petani milenial agar dapat memanfaatkan kesempatan Bimtek tersebut dengan maksimal.

“Kami berusaha sebaik mungkin untuk menghadirkan narasumber yang berkualitas dengan harapan petani dapat belajar dan berdiskusi langsung dengan praktisi yang kompeten di bidangnya," ujar Bagus di sela-sela kegiatan, Rabu (17/2).

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengataka, upaya penumbuhan petani milenial yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) merupakan salah satu strategi untuk menjamin tercapainya ketahanan pangan nasional.

"Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian, salah satunya melalui program penumbuhan 2,5 juta petani milenial ini. SDM yang berkualitas merupakan salah satu kunci untuk menggenjot produksi dan produktivitas pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional," ujar Syahrul.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan yang bertugas untuk mengembangakan SDM Pertanian Indonesia menaruh perhatian khusus terhadap target penumbuhan petani milenial.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai target tersebut mulai dari penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Pertanian, Program Penumbuhan Wirausahawa Muda Pertanian (PWMP), Program YESS, pengukuhan Duta Petani Milenial sebagai icon petani dan pengusaha pertanian milenial, serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang kompeten.

"Upaya peningkatan pengetahuan dan kompetensi petani milenial penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan mengadakan Bimtek, lebih lanjutnya bisa diagendakan untuk program magang di perusahaan yang bergerak di bidang pertanian agar semua mampu mendongkrak kemajuan sektor pertanian," ujar Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi.

Kedepannya Polbangtan Yoma akan terus mendampingi kegiatan Petani Milenial dengan melakukan monitoring dan evaluasi serta supervisi agar keluaran yang diharapkan dari kegiatan bimtek dapat terwujud.

Sebagai tambahan, Bimtek tersebut diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 16-17 Februari 2021 bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen. Kegiatan diikuti 24 orang perwakilan petani milenial dari kelompok petani tanaman pangan dan kelompok petani hortikultura.

Materi bimtek yang disampaikan meliputi teknik budidaya hidroponik dan bawang merah, pemasaran produk pertanian, serta pengenalan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S).

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih