Fantastis! China Ekspor Lebih dari 220 Miliar Masker Sepanjang 2020

Jum'at, 29/01/2021 17:25 WIB

Beijing, Jurnas.com - Kementerian Perdangan China mengatakan telah mengekspor lebih dari 220 miliar masker tahun lalu. Jumlah tersebut setara dengan hampir 40 per orang di luar China, karena permintaan untuk alat pelindung meroket selama pandemi COVID-19.

Dilansir dari AFP, sejak pandemi, jumlah ekspor bernilai miliaran dolar AS itu telah menjadi pendorong penting bagi perekonomian China yang sempat terganggu akibat kemunculan COVID-19.

Wakil Menteri Perdagangan China, Qian Keming mengatakan kepada wartawan pada Jumat (29/1), selain masker, China mengekspor 2,3 miliar peralatan pelindung dan 1 miliar alat uji tahun lalu.

Dia mengatakan, ekspor tersebut memberikan kontribusi penting untuk perang global melawan COVID-19.

Pengiriman masker saja bernilai 340 miliar yuan (US $ 52,6 miliar), kata seorang pejabat bea cukai awal bulan ini. "(Volume) setara dengan menyediakan hampir 40 masker untuk setiap orang di dunia di luar China," kata juru bicara bea cukai Li Kuiwen.

China, tempat COVID-19 pertama kali muncul pada akhir 2019, juga merupakan negara pertama yang bangkit kembali setelah memberlakukan penguncian yang ketat dan langkah-langkah pengendalian COVID-19

Negeri Tirai Bambu ini menjadi satu-satunya ekonomi besar dunia yang mencatat pertumbuhan positif pada 2020.

Meski begitu, pejabat Kementerian Perdagangan China, Chu Shijia menambahkan, Beijing masih menghadapi lingkungan yang parah dan kompleks dalam perdagangan dan investasi luar negeri tahun ini.

TERKINI
Anak Buah Arne Slot Bakal Menyusul Gabung Liverpool Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Mitsubishi Fuso Dukung Jambore Canter Mania di Jambi Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya