Spanyol Tetapkan Madrid sebagai Zona Bencana

Selasa, 19/01/2021 21:29 WIB

Madrid, Jurnas.com - Pemerintah Spanyol mengklasifikasikan Madrid dan sejumlah wilayah lain yang dilanda Badai Filomena pekan lalu sebagai zona bencana pada Selasa (19/1).

Penetapan ini diambil setelah pemerintah daerah Madrid memperingatkan hujan yang diperkirakan turun pada Rabu (20/1) besok, kemungkinan besar akan membawa banjir dan kekacauan lebih lanjut.

"Hujan yang diperkirakan oleh (badan cuaca negara) AEMET, meskipun sedang, kemungkinan besar akan menyebabkan banjir ketika semua es mulai mencair," kata pemerintah daerah dikutip dari Reuters.

Badai salju membawa hujan salju terberat dalam beberapa dekade dan menyebabkan kerusakan dengan nilai kerugian 1,4 miliar euro di ibu kota Spanyol.

Pohon tumbang dan tumpukan salju yang mengeras menjadi balok es selama cuaca dingin berikutnya, memblokir jalanan dan jalur kereta api, memotong pasokan ke Madrid dan menyebabkan rak supermarket kosong.

Upaya pembersihan besar-besaran yang melibatkan ribuan polisi, petugas pemadam kebakaran, dan personel militer perlahan-lahan memulihkan keadaan normal di Kota Madrid, dan sebagian besar transportasi umum telah beroperasi kembali.

Tetapi banyak jalan dan trotoar yang belum dibersihkan dari salju menjadi hitam karena polusi, dan bercampur dengan sampah yang terus didiamkan.

Sebelumnya, perkiraaan kerugian 1,4 miliar euro dikritik oleh pihak oposisi karena digelembungkan oleh pemerintah pusat sayap kiri. Anggota dewan kota Sosialis Madrid Enma Lopez menggambarkan perkiraan walikota itu terlalu dibuat-buat.

TERKINI
Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru