Pelaku Parodi Lagu Kebangsaan RI Seharusnya Sudah Bisa Ditangkap

Senin, 28/12/2020 21:55 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Malaysia seharusnya tidak kesulitan mengungkap pelaku pembuat parodi lagu Indonesia Raya yang diunggah di channel You Tube My Asean.

Bukan tanpa alasan, menurut anggota Komisi I DPR RI, Syaifullah Tamliha, di era digital yang memiliki kecanggihan maksimal akan memudahkan Malaysia melacak pelaku parodi tersebut.

“Dalam era digital dengan peralatan informasi teknologi yang canggih, semestinya pemerintah Federasi Malaysia sudah bisa mengungkap pelakunya," kata Tamliha kepada wartawan, Senin (28/12).

Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Indonesia, menurut Tamliha sudah mengklarifikasi video parodi lagu `Indonesia Raya` itu. Kedubes Malaysia, kata Tamliha, janji menyelidiki penyebar video.

"Secara etika diplomatik, Kedutaan Besar Malaysia yang berkedudukan di Jakarta telah memberikan klarifikasi terkait video parodi lagu `Indonesia Raya` yang diduga terjadi di Malaysia dan mereka berjanji untuk melakukan penyelidikan untuk mencari penyebar video tersebut," ujar elite PPP itu.

Lebih jauh, Tamliha menyarankan agar Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melakukan langkah diplomatik. Tamliha meminta Menlu Retno Marsudi melayangkan nota keberatan ke Malaysia terkait parodi lagu `Indonesia Raya`.

"Sebaiknya Menlu Retno Marsudi melayangkan nota diplomatik keberatan kepada Malaysia," imbuhnya.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa