Menkumham Tak Bisa Halangi Pencalonan Agus-Sylvi

Kamis, 13/10/2016 13:45 WIB

Jakarta - ‎Menkumham dikabarkan akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait pengesahan kepengurusan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pimpinan Djan Faridz. Jika benar, bagaimana dukungan PPP Romahurmuziy kepada pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni?

Menurut Wakil Sekretaris‎ Jenderal PPP kubu Romi, Achmad Baidowi alias Awiek, jika benar SK tersebut diterbitkan, tidak bisa membatalkan dukungan kepada Agus-Sylvi. Sebab, proses tahapan pendaftaran di KPU DKI Jakarta telah selesai.

"Pendaftaran itu kan sudah selesai, jadi tidak akan berpengaruh terhadap pencalonan Agus-Sylvi‎. Proses tahapan sudah selesai, hukum itu berlaku ke depan, tidak surut ke belakang," kata Awiek, ketika dihubungi Jurnas.com, Jakarta, Kamis (13/10).

Hal itu menanggapi informasi yang beredar bahwa Menkumham akan mengeluarkan SK kepengurusan PPP pimpinan Djan Faridz dan menganulir SK kepengurusan PPP Romi. "Isu itu disebar oleh orang yang tidak bertanggungjawab," kata Awiek menanggapi informasi tersebut.

Menurutnya, berdasarkan UU Pilkada proses tahapan pencalonan di KPU sudah jelas menyebut bahwa, Menkumham menyerahkan salinan partai pendukung itu ‎sebulan sebelum pendaftaran calon.

"Di pasal 34 sudah jelas bahwa, KPU meminta salinan ke menkumham sebulan sebelum tahapan pendaftaran dimulai," tegasnya.‎

Diketahui, kepengurusan PPP Romi saat ini sudah mengantongi SK Kemenkum HAM dan dinyatakan bisa mengajukan calon di Pilkada. Hal ini berbeda dengan kubu Djan Faridz.

Namun, belakangan kubu Djan mengajukan gugatan ke Kemenkum HAM terkait SK tersebut. Gugatan itu disertakan salinan putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengesahkan kepengurusan PPP kepemimpinan Djan hasil Muktamar VIII di Jakarta. Putusan yang dimaksud adalah putusan kasasi yang diketok MA pada 2 November 2015.

PPP pimpinan Romi mendukung pasangan Agus-Sylvi di Pilkada DKI Jakarta dan telah mendaftarkan ke KPU DKI Jakarta. Sedangkan, PPP pimpinan Djan mendukung pasangan petahana Ahok-Djarot/" style="text-decoration:none;color:red;">Ahok-Djarot meski tidak ikut terdaftar di KPU DKI.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih