Jokowi Tinjau Langsung OTT Pungli di Kemenhub, Ada Apa?

Selasa, 11/10/2016 18:11 WIB

Jakarta - Presiden Jokowi mendatangi Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) setelah mendapat informasi operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Kemenhub, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (11/10).

Juru Bicara Presiden Jokowi, Johan Budi mengatakan, Jokowi sudah acap kali mendapat laporan soal maraknya pungutan liar (pungli). Untuk itu, Jokowi secara langsung mendatangi Kantor Kemenhub.

"Presiden sering mendapat laporan dari masyarakat secara langsung mengenai masih adanya pungli dalam pengurusan izin di kementerian atau lembaga," kata Johan.

Menurutnya, setelah rapat terbatas yang membahas reformasi bidang hukum, Jokowi mendapat laporan dari Kapolri Tito Karnavian bahwa telah terjadi penangkapan pelaku pungli dalam pengurusan izin di Kemenhub.

"Lalu Presiden melihat secara langsung ke TKP. Jadi konteksnya adalah soal perbaikan pelayanan publik. Salah satu fokus yang dilakukan dalam reformasi hukum adalah menghilangkan pungli dan suap," tegasnya.

Berdasarkan informasi yang dihumpun jurnas.com, OTT di Kemenhub terkait dengan kasus suap atau korupsi proses perizinan di Ditjen Darat dan Laut Kemenhub.

Disebut-sebut, penggerebakan ini berdasarkan laporan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi. Namun Menhub sendiri belum bisa dipastikan apakah sudah berada di lokasi atau belum. Waduh....!

TERKINI
Sinergi Kementan-Kodim 1910 Malinau Tingkatkan Produksi dengan Perluas Areal Tanam Baru Kejagung Bakal Sita Aset Sandra Dewi Jika Terima Uang Korupsi Timah KPK Nonaktifkan Dua Rutan Buntut Kasus Pungli KPK Sita Rp48,5 Miliar Terkait Suap Bupati Labuhanbatu