Buntut Saling Serang, Sandiaga Tantang Kembali Ahok

Minggu, 02/10/2016 18:27 WIB

Jakarta - Buntut dari saling serang soal tax amnesti, cawagub usungan Gerindra-PKS Sandiaga Uno kembali melancarkan tantangan terhadap cagub petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok yang menuding Sandiaga menyembunyikan harta kekayaan di luar negeri, dimintai pertanggungjawaban untuk membuktikan tuduhannya.

Sandiaga menantang Ahok untuk melakukan pembuktian terbalik atas seluruh kekayaaan yang dimilikinya saat ini. "Kalau saya jelas, sudah melaporkan ke KPK mengenai LHKPN. Alhamdulillah clear semua. Juga pajak beberapa tahun terkahir. Jadi bisa dilihat jumlahnya," ujar Sandiaga di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Sandiaga mengajak Ahok bertemu di sebuah acara pertemuan Ikatan Akuntan Indonesia dalam waktu dekat. Ia berharap acara tersebut dapat menjadi momen untuk pembuktian harta terbalik antara dirinya dengan Ahok. "Saya mengajak beliau dan keluarganya juga," tantang Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan Ahok seharusnya tertarik dengan tantangan dirinya supaya bisa menjawab pertanyaan publik mengenai kekayaan yang dimilikinya dan keluarganya. Sandiaga menilai, tidak menutup kemungkinan kekayaan Ahok dan keluarganya menjadi bertambah sejak yang bersangkutan menjabat sebagai Gubernur DKI.

"Karena mungkin keluarganya pak Basuki (Ahok) diuntungkan dengan kebijakan pak Basuki. Itu membuka semuanya dan dibuktikan hartanya secara terbalik. Jadi ikatan Akuntan Indonesia sudah menyediakan waktu minggu depan. Saya akan undang pak Basuki sama-sama ke Ikatan Akuntan Indonesia. Mungkin dari media bisa mengundang dia sama-sama. Waktunya kapan saja, akan diterima Ikatan Akuntan Indonesia. Nanti kita setujui bersama-sama prosedur untuk menghitung harta secara terbalik," ungkapnya.

Sandiaga mengaku penting menantang Ahok melakukan pembuktian harta terbalik. Sehingga, kata dia, Ahok menjadi pemimpin tidak hanya asal bicara tanpa adanya bukti. "Ini pembelajaran bagi masyarakat dan pembuktian bahwa politisi berbicara iti jangan hanya bicara. Tapi dibuktikan dengan tindakan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Sandiaga dan Ahok sempat terlibat saling lempar opini dengan tendensi serangan politik. Hal itu berawal dari ajakan Sandiaga untuk Ahok ikut program tax amnesti (pengampunan pajak). Namun Ahok justru menyambut ajakan lawan politiknya tersebut dengan tuduhan Sandiaga menyembunyikan harta kekayaannya di luar negeri.

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore