Trump: PBB Harus Meminta Pertanggungjawaban China soal Pandemi Virus Corona

Rabu, 23/09/2020 06:33 WIB

New York, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan kepada Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahwa China harus dimintai pertanggungjawaban oleh dunia atas pandemi virus corona baru (COVID-19).

Dalam rekaman pesan yang diputar pada pertemuan tahunan PBB, Trump menuduh Beijing mengizinkan COVID-19 meninggalkan China dan menginfeksi dunia. "PBB harus meminta pertanggungjawaban China atas tindakan mereka," katanya.

Trump, yang menghadapi pertarungan pemilihan ulang yang sulit pada 3 November, telah berusaha untuk menangkis kritik pemilih yang berlebihan tentang penanganannya terhadap pandemi dengan menyalahkan China.

Trump menuduh China hanya menjaga kepentingannya sendiri ketika virus yang berpotensi mematikan itu pertama kali muncul di kota Wuhan akhir tahun lalu. "Kita harus meminta pertanggungjawaban bangsa yang melepaskan wabah ini ke dunia," tegas Trump.

Trump juga menyalahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menurutnya dikendalikan China karena secara keliru menyatakan bahwa tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia.

"Kemudian, mereka secara keliru mengatakan orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit," tambahnya.

Para pemimpin dunia berbicara secara virtual ke sesi PBB di New York, karena pembatasan COVID-19. Trump, yang sering meremehkan risiko yang ditimbulkan  virus itu, sebelumnya mengatakan  akan tetap berkunjung, sebelum berubah pikiran. (AFP/Channelnewsasia)

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China