ICW Usul Polri Libatkan KPK Ungkap Motif Kebakaran Gedung Kejagung

Jum'at, 18/09/2020 17:33 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengusulkan pihak Kepolisian untuk membentuk tim gabungan bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengusut kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, keterlibatan KPK tersebut penting dalam menyelidiki kasus tersebut.

"Keterlibatan KPK ini menjadi penting, terutama untuk melihat motif dibalik terbakarnya gedung tersebut," kata Kurnia, kepada Wartawan, Jumat (18/9).

Kurnia mengatakan, hal tersebut karena adanya dugaan dari masyarakat bahwa beberapa barang bukti dalam kasus Djoko Tjandra dan Pinangki ikut dilahap Api. Seperti, CCTV di ruangan Jaksa Pinangki Sirna Malasari.

Mengingat saat ini Kejagung sedang melakukan proses penyidikan yang melibatkan Jaksa Pinangki dan Djoko Tjandra terkait pengurusan fatwa di Mahkamah Agung (MA).

"Penting untuk ditegaskan bahwa untuk membongkar praktik kejahatan tidak hanya bersandar pada tersedianya dokumen penanganan perkara, akan tetapi alat bukti lain juga tak kalah penting," kata Kurnia.

Kurnia juga berpendapat, jika ditemukan ada pihak atau kelompok tertentu yang sengaja membakar gedung Kejaksaan Agung untuk menghambat penanganan perkara tersebut maka KPK dapat menjerat dengan Pasal 21 UU Tipikor dengan ancaman 12 tahun penjara.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menduga ada unsur pidana di balik kebakaran gedung Kejaksaan Agung beberapa waktu lalu. Walau demikian, Polri menyebut masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Dari beberapa temuan di TKP serta olah TKP oleh rekan-rekan Puslabfor menggunakan instrumen, serta pemeriksaan 131 saksi dan beberapa yang sedang, kemudian mendapatkan keterangan-keterangan yang kita butuhkan, maka peristiwa yang terjadi sementara penyidik berkesimpulan terdapat dugaan peristiwa pidana," kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo di gedung Bareskrim, Jakarta, Kamis 17/9).

Adapun kebakaran gedung Kejaksaan Agung terjadi pada Sabtu (22/8/2020). Asal api diduga dari lantai 6 yang kemudian menjalar ke seluruh gedung.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa