Status Hagia Sophia Diubah Jadi Mesjid Disebut Provokasi

Sabtu, 11/07/2020 19:36 WIB

Istanbul, Jurnas.com - Presiden Turki, Tayyip Erdogan menyatakan Hagia Sophia di Istanbul sudah menjadi masjid setelah pengadilan membatalkan statusnya sebagai museum. Umat muslim sudah mulai salat pada 24 Juli 2020.

Erdogan berbicara pada Jumat (10/7) hanya beberapa jam setelah putusan pengadilan diterbitkan, mengesampingkan peringatan internasional untuk tidak mengubah status monumen yang berusia hampir 1.500 tahun yang dihormati oleh orang Kristen dan Muslim.

Amerika Serikat, Rusia, dan para pemimpin gereja di antara mereka yang menyatakan keprihatinan tentang mengubah status Situs Warisan Dunia UNESCO, titik fokus dari kekaisaran Byzantium Kristen dan Kekaisaran Ottoman Muslim dan sekarang menjadi salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di Turki.

Kementerian kebudayaan Yunani menggambarkan keputusan pengadilan sebagai "provokasi terbuka" bagi dunia yang beradab, sementara UNESCO mengatakan menyesal bahwa itu tidak diberitahukan sebelumnya dan sekarang akan meninjau status bangunan.

Erdogan berusaha mengubah Islam menjadi arus utama politik Turki dalam 17 tahun memimpin. Ia sudah lama melakukan memulihkan status masjid dari bangunan abad keenam, yang diubah menjadi museum pada hari-hari awal negara Turki sekuler modern di bawah Mustafa Kemal Ataturk.

"Dengan putusan pengadilan ini, dan dengan langkah-langkah yang kami ambil sejalan dengan keputusan itu, Hagia Sophia menjadi masjid lagi, setelah 86 tahun, seperti yang diinginkan Fatih, penakluk Istanbul," kata Erdogan dalam pidato nasional seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (11/7).

Dalam sebuah penuturan tentang sejarah pada saat-saat kritis terhadap Kekaisaran Bizantium dan pendiri republik modern, Erdogan mengatakan Turki sekarang dapat meninggalkan "kutukan Allah, keuntungan dan malaikat" yang dikatakan Fatih (Sultan Ottoman Mehmet II) yang dikatakan akan berada pada siapa saja yang mengubahnya dari masjid.

"Seperti semua masjid kami, pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua, penduduk lokal dan asing, Muslim dan non-Muslim," kata Erdogan, Jumat kemarin menandatangani perubahan status Hagia Sophia dan memberi kewenangan ke Direktorat Urusan Agama untuk mengelola situs itu.

Departemen Luar Negeri AS yang mendesak Turki untuk mempertahankan bangunan itu sebagai museum, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya "kecewa" dengan keputusan tersebut. Namun, departemen itu berharap akan mendengar rencana untuk memastikannya tetap dapat diakses tanpa hambatan untuk semua pihak.

 

Asosiasi yang membawa kasus pengadilan yang terbaru dalam pertempuran hukum 16 tahun mengatakan Hagia Sophia adalah milik Sultan Mehmet II yang merebut kota pada tahun 1453 dan mengubah katedral Ortodoks Yunani yang sudah berusia 900 tahun menjadi masjid.

Ottoman membangun menara di samping struktur kubah yang luas, sementara di dalamnya mereka menambahkan panel bertuliskan nama-nama dalam bahasa Arab; Allah, Nabi Muhammad, dan khalifah Muslim. Mosaik emas dan ikon Kristen, dikaburkan oleh Ottoman, ditemukan kembali ketika Hagia Sophia menjadi museum.

Dalam putusannya Dewan Negara (pengadilan administratif utama Turki) mengatakan; "Disimpulkan bahwa akta penyelesaian menetapkannya sebagai masjid dan penggunaannya di luar karakter ini tidak dimungkinkan secara hukum."

"Keputusan kabinet tahun 1934 yang...mendefinisikannya sebagai museum tidak mematuhi hukum," lanjut putusan tersebut, merujuk pada dekrit yang ditandatangani oleh Ataturk.

Erdogan, yang mencitrakan diri sebagai seorang Muslim yang saleh, mendukung kampanye pengubahan status Hagia Sophia sebagai masjid sebelum pemilu lokal tahun lalu yang merupakan pukulan menyakitkan bagi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berakar pada Islam dan merupakan partai berkuasa saat ini. Para anggota AKP berdiri dan bertepuk tangan di parlemen pada hari Jumat ketika putusan pengadilan dibacakan.

Di Istanbul, ratusan orang berkumpul di dekat Hagia Sophia untuk merayakan putusan itu. "Mereka yang membangun ini melakukannya untuk menyembah Tuhan juga," kata Osman Sarihan, seorang guru. “Terima kasih Tuhan hari ini kembali ke tujuan utamanya. Hari ini Tuhan akan disembah di masjid ini."

 

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya