Survei SKN: Masyarakat Indonesia Optimis Hadapi Pandemi Covid-19

Minggu, 17/05/2020 18:50 WIB

 

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi semua pihak yang telah berinisiatif, berinovasi serta berkreasi membuat gelaran konser `Solidaritas Bersama Jaga Indonesia` melalui model virtual, Sabtu, (16/05/2020) malam. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi kembali menyerukan pentingnya menumbuhkan semangat optimisme dan solidaritas untuk terus saling mendukung, terus berinovasi dan berkreasi di tengah berbagai kesulitan karena pandemik Covid-19.

Merespon hal itu, Deputi III bidang kajian dan riset, Lembaga Suluh Kerta Nusantara (SKN), Yohanes Frenky mengapresiasi ajakan presiden Jokowi yang untuk menumbuhkan semangat optimisme dan solidaritas.

Pasalnya, hampir mayoritas jawaban masyarakat ketika musim pandemi corona, pasti ingin menumbuhkan semangat optimisme dan solidaritas dan saling mendukung satu sama lain.

Hal tersebut dia ketahui dari hasil survei yang digelar lembaganya, sejak tanggal 30 Maret hingga 6 April melalui sebuah platform online yang diikuti oleh 905 responden dari 34 provinsi dengan berbagai latar belakang usia, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Menurut Yohanes Frenky, Tingginya semangat masyarakat untuk terlibat dalam upaya bersama ini bisa menjadi modal optimisme bersama yang membesarkan hati.

“97,2 persen responden survei menyatakan siap bersama untuk melawan Corona,” kata Yohanes Frenky melalui keterangannya, Minggu (17/05/2020).

Yohanes Frenky juga mencatat, sebanyak 97, 6 persen responden akan terus menyakinkan sesama untuk tidak panik dalam menghadapi corona.

"Merek percaya bahwa kebersamaan satu sama lain bisa saling menguatkan, dan mereka yakin ini akan membawa keadaan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selanjutnya, sebanyak 98,8 persen responden akan saling menguatkan dan berbagi empati untuk bersama menghadapi corona.

Sementara itu, terkait dengan maraknya pemberitaan yang tidak jelas dan menyesatkan, 96,8 responden menjawab akan melawan penyebaran-penyebaran berita-berita yang tidak benar atau hoaks yang hanya menyebabkan ketakutan di masyarakat.

Selanjutnya, tentang berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang telah dilakukan oleh pemerintah, sebanyak 73,7 persen responden menilai bahwa pemerintah sudah melakukan upaya yang tepat dalam menanggulangi covid-19.

“Dan 97,2 persen responden mengatakan akan mendukung kebijakan-kebijakna pemerintah dengan mentaatinya seperti menaati aturan phyisical distancing dan aturan untuk berkegiatan di rumah saja,” lanjut Frenky, seraya menambahkan bahwa 93,3 persen responden yakin pandemi ini akan segera berakhir. 

Untuk diketahui, Lembaga Suluh Kerta Nusantara (SKN) merupakan sebagai lembaga independen yang didirikan oleh sekelompok anak muda, yang bergerak di bidang pendidikan politik dan pembangunan karakter bangsa khususnya generasi muda.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya