Mendagri Sarankan Produsen Miras Bikin Hand Sanitizer

Jum'at, 17/04/2020 19:17 WIB

JAKARTA, Juras.com - Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian memberi saran para produsen minuman keras agar beralih memproduksi hand sanitizer dan antiseptik di tengah wabah corona saat ini.

"Di negara ini banyak pohon kelapa, pohon nira.Perusahaan-perusahaan kimia alkohol juga ada, yang home industri banyak. Tadinya dipakai buat minuman, buat arak, buat tuak, dibuat cap tikus. Nah ini dialihkan. Bikinlah alkohol sanitizer untuk antiseptik," kata Tito di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Tito menilai alkohol bisa menjadi `alat perang` untuk membunuh virus corona yang mewabah di Indonesia. Dengan catatan, kata dia, alkohol tersebut memiliki kandungan di atas 65 persen yang sudah diracik dalam bentuk sanitizer dan antiseptik untuk alat kesehatan.

Hal itu ia katakan berdasarkan riset yang dilakukan Komisi Kesehatan China dalam menangani virus corona di Wuhan, Hubei, China.

"Virus ini tak kuat dengan alkohol, etanol, 70-73 persen. Lalu enggak kuat juga dengan disinfektan yang mengandung pemutih. Lalu enggak kuat dengan asam yang keras seperti karbon," ujar Tito.

Tak hanya itu, Tito juga berpandangan minyak kelapa sawit juga memiliki potensi dijadikan `alat perang` melawan corona saat ini. Ia menyebutkan minyak kelapa sawit bisa diproduksi menjadi sabun dan detergen untuk membunuh corona.

"Indonesia produsen nomor satu di dunia untuk minyak kelapa sawit. Nah, artinya kita memiliki peluang menciptakan alat perang, sabun, deterjen," tukas Tito.

Selain itu, Tito juga menyarankan agar industri dalam negeri bisa melakukan diversifikasi produknya untuk membuat pelbagai alat kesehatan untuk melawan corona. Hal itu senada dengan instruksi Presiden Jokowi pada tanggal 14 April 2020 lalu.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini MK Mulai Gelar Sidang Perkara PHPU Pileg 2024 Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran