Upaya Banding Platini Ditolak ECHR

Jum'at, 06/03/2020 05:33 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pengadilan Eropa untuk Hak Asasi Manusia (ECHR) telah menolak banding mantan presiden UEFA Michel Platini terhadap larangannya dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola.

Platini awalnya diberi larangan delapan tahun karena menerima "pembayaran tidak wajar" sebesar dua juta franc Swiss (£ 1,3 juta) dari presiden FIFA Sepp Blatter pada tahun 2011 silam

Hukuman mantan kapten Prancis itu dikurangi menjadi enam tahun pada 2016 dan selanjutnya dipotong menjadi empat tahun setelah naik banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS).

Platini, yang telah menjalani larangannya, tidak berhasil dengan banding Pengadilan Federal Swiss dan ECHR kini memutuskan hukumannya "dibenarkan" dan pembelaanya sebagai "tidak dapat diterima".

"Pengadilan menemukan secara khusus bahwa, dengan memperhatikan keseriusan pelanggaran, posisi senior yang dipegang oleh Platini dalam badan-badan pemerintahan sepak bola dan kebutuhan untuk mengembalikan reputasi olahraga dan FIFA, sanksi tersebut tidak tampak berlebihan atau sewenang-wenang," bunyi pernyataan ECHR dilansir Soccerway.

"Badan-badan domestik telah memperhitungkan semua kepentingan yang dipertaruhkan dalam mengkonfirmasikan tindakan yang diambil oleh FIFA, kemudian dikurangi oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS)," tambahnya.

"Terakhir, Pengadilan mencatat bahwa pemohon telah diberikan perlindungan institusional dan prosedural domestik yang memungkinkan dia untuk menantang keputusan FIFA dan mengajukan argumennya dalam pembelaannya."

FIFA merespons putusan itu dengan menyatakan akan terus mencari uang yang terutang.

Pernyataan FIFA berbunyi: "FIFA telah mencatat keputusan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa untuk menolak permohonan Bp. Platini, yang dianggap tidak beralasan oleh Pengadilan.

"Putusan ini sejalan dengan keputusan Komite Etika FIFA, yang dikonfirmasi oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga dan juga oleh Pengadilan Federal Swiss," ujarnya.

"FIFA akan terus mencari ganti rugi 2 juta CHF yang dibayar terlalu tinggi oleh mantan Presiden FIFA Joseph Blatter kepada Mr. Platini pada Februari 2011."

Platini dan Blatter, yang juga dicekal larangannya menjadi enam tahun, terus-menerus membantah melakukan kesalahan.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios