Empat Kandidat Bersaing Berebut Kursi Ketum PAN

Selasa, 11/02/2020 09:50 WIB

Kendari, Jurnas.com - Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar hajatan besar, yakni Kongres V dengan agenda utama memilih ketua umum periode 2020-2025.

Empat kandidat secara sah telah dinyatakan lolos seleksi calon ketua umum dalam kongres yang dihelat di Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020.

Mereka akan berebut dukungan dari 590 pemilik suara dari DPW Provinsi dan DPD Kabupaten/Kota se Indonesia.

Para kandidat itu adalah Zulkifli Hasan selaku incumbent dan tiga orang penantangnya, masing-masing Mulfachri Harahap, Asman Abnur dan Dradjad Wibowo.

Zulkifli Hasan dinilai sebagai kandidat terkuat. Selain incumbent, ia juga punya posisi tawar lebih lantaran menjabat sebagai Wakil Ketua MPR 2019-2024.

"Kalau saya katakan, lanjutkan saja," ujar Ketua DPW PAN Papua, Sinut Busup, Selasa (11/2/2020).

Meski demikian, Zulhas tak bisa santai-santai. Sebab tiga penantangnya sewaktu-waktu bisa mengubah arah gelombang dukungan para pemilik suara, yakni DPW dan DPD.

Mulfachri Harahap misalnya, ia merupakan salah satu Wakil Ketua Umum PAN 2015-2020 dan saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR 2019-2024.

Kemudian Asman Abnur, mantan menteri PAN RB era Kabinet Indonesia Kerja Presiden Jokowi-Wapres JK.

Juga politikus kawakan Dradjad Wibowo yang kini sebagai anggota Dewan Kehormatan PAN. Ia dikenal sebagai ekonom yang kritis.

TERKINI
DPR Dorong Peningkatan Anggaran di Ditjen PSDKP Cegah Illegal Fishing Cegah Salah Sasaran, Pemerintah Diminta Segera Benahi Distribusi KIP Kuliah Sekjen DPR Imbau Pegawai Setjen Optimalkan Fasilitas Taspen dan Tapera Siap Laksanakan Topping Off, Duta Indah Starhub Sediakan Promo Menarik