Menlu: WNI yang Dijemput dari Wuhan Sehat

Sabtu, 01/02/2020 15:15 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 250 warga negara Indonesia (WNI) yang akan dijemput dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok untuk kembali ke Indonesia pada Sabtu (1/2/2020). Jumlah tersebut terdiri atas 245 WNI dan lima anggota tim yang sudah berada di Hubei sejak Jumat (31/1/2020).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, semua WNI yang akan dijemput dari Wuhan dengan menggunakan pesawat Batik Air tipe Airbus A330 itu berada dalam kondisi sehat.

"Dari semalam saya komunikasi dan terus dapat laporan bahwa kondisi saudara-saudara kita sehat dan mereka senang akan pulang ke Tanah Air. Sebelum keberangkatan mereka, serangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat," ungkap Retno, Sabtu (1/2/2020).

Adapun tim penjemput terdiri atas 42 anggota dari beberapa kementerian dan instansi, seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, TNI, hingga kru pesawat Batik Air. Penjemputan ini dilakukan karena adanya wabah virus korona di Tiongkok.

Mengingat situasi ini bukan situasi yang normal, lanjut Retno, maka kedisiplinan penanganan protokol kesehatan akan terus diberlakukan. Kedisiplinan ini dilakukan termasuk selama perjalanan, ketibaan, dan pascaketibaan.

"Protokol kesehatan juga berlaku ketat bagi kru pesawat dan bagi pesawat itu sendiri setelah ketibaan," imbuh Retno.

TERKINI
Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih Celine Dapuk Esther-Rose McGregor Kampanye Wewangian Terbaru Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin