Muslim Garis Keras Bangladesh Jebloskan Sufi ke Penjara

Minggu, 12/01/2020 20:28 WIB

Dhaka, Jurnas.com - Sufi terkemuka di Bangladesh, Shariat Sarker, ditangkap atas tuduhan melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), yang selama ini dianggap meredam kebebasan berbicara.

Sarker (40) ditahan di pusat kota Mirzapur pada Sabtu (11/1), menurut keterangan kepala polisi setempat Saidur Rahman kepada AFP.

Seorang ulama mengajukan kasus terhadap Sarker atas komentarnya di sebuah acara pada Desember lalu, dan ditangkap atas dasar UU ITE, karena dinilai "melukai sentimen keagamaan umat Islam", kata Rahman.

Video Sarker dalam acara itu diunggah ke YouTube, dan lebih dari 1.000 aktivis dan ulama Muslim menggelar unjuk rasa untuk menuntut penangkapan sufi sekaligus penyanyi itu.

Sarker terancam menghadapi 10 tahun penjara, jika terbukti bersalah di pengadilan.

Wartawan dan aktivis kanan mengatakan UU ITE yang disahkan pada 2018 lalu merupakan ancaman serius bagi kebebasan berekspresi, di negara berpenduduk 168 juta orang tersebut.

Di bawah UU tersebut, siapa pun dapat menghadapi hukuman penjara seumur hidup karena "propaganda" terhadap negara, dan hingga 10 tahun untuk konten digital yang "menyakiti sentimen agama" atau "menciptakan keresahan".

Odhikar, sebuah kelompok hak asasi manusia, melaporkan sedikitnya 29 penangkapan tahun lalu di bawah hukum kontroversial tersebut.

Sarker terkenal di antara puluhan juta pengikut sufi di pedesaan Bangladesh. Pakar musik Saymon Zakaria mengatakan, penyanyi tradisional itu mengambil kebebasan ketika menafsirkan legenda Islam, dengan cara yang mungkin tidak mencerminkan versi resmi.

"Seharusnya tidak ada interpretasi literal dari apa yang dikatakan selama pertunjukan. Penyanyi rakyat harus memiliki kebebasan berekspresi," kata Zakaria.

Meskipun memegang tempat penting dalam sejarah Bangladesh, lebih dari selusin pemimpin dan pengikut Sufi telah terbunuh dalam beberapa tahun terakhir oleh kelompok-kelompok Islam garis keras yang menganggap mereka bidah.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih