Kementerian Desa Berikan Bantuan Stimulan di Bulungan Kaltara

Kamis, 12/12/2019 02:24 WIB

Bulungan, Jurnas.com - Kementerian Desa PDTT memberikan bantuan stimulan kepada 15 BUMDes, 2 (Dua) PAUD dan sarana prasarana rumah ibadah bagi Pondok Pesantren, masing-masing senilai 50 Juta di lokus kunjungan kerja Menteri Desa PDTT, A. Halim Iskandar di Desa Gunung Sari, Kec. Tanjung Selor, Kab. Bulungan, Prov. Kalimantan Utara.

Bantuan BUMDes tersebut berasal dari Direktorat Pengembangan Usaha Ekonomi Desa (PUED), Ditjen PPMD, sedangkan bantuan PAUD dan sarpras rumah ibadah Pondok Pesantren berasal dari Ditjen PKTrans, Kemendes PDTT.

"Bantuan tersebut untuk memberikan dorongan kepada masing-masing pihak agar lebih cepat  berkembang guna meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat," ujar  Dirjen Pengembangan  Kawasan Transmigrasi Kemendes PDTT, Dr. H.M. Nurdin, MT.

Hal itu disampaikan  saat melakukan kunjungan kerja mewakili Menteri Desa PDTT, A. Halim Iskandar, Rabu (11/12/2019). Dirjen Nurdin  menyampaikan pesan Menteri agar pihak-pihak yang mendapat bantuan dari Kementerian Desa dapat memanfaatkannya dengan baik.

"Bantuan tersebut berupa stimulan untuk lebih mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat", tegasnya.

Selain itu, Nurdin menyampaikan pesan Menteri, Dana Desa yang telah digelontorkan selama 5 Tahun, ke depan diharapkan meningkat dari sisi kualitas penggunaannya sesuai Permendes Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, baik dalam konteks  pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Inilah filosofi dari "Desa Surga", yakni semua untuk warga nan damai dan sejahtera", imbuhnya.

Bupati Bulungan, Sudjati menyampaikan apresiasi kepada Kemendes yang telah mengawal penggunaan Dana Desa  melalui Pendamping Desa.

Menurutnya, Pendamping Desa telah memberi kontribusi signifikan kepada pengembangan SDM melalui fasilitasi berbagai  pelatihan dan Lembaga Pengembangan Masyarakat Desa.

Dalam konteks peningkatan  kapasitas pendamping desa, Kadis PMD Provinsi, Wahyuni Nuzband  menjelaskan pihaknya   telah canangkan berbagai program baik berupa rakor, OJT maupun IST.

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan